Sukses

Menhub: Bandara Adi Sutjipto dan Adi Sumarmo Dibuka Besok

2 Bandara tersebut sempat ditutup karena tebalnya abu dari letusan Gunung Kelud di Kediri.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan memastikan Bandara Adi Sumarmo, Solo dan Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta akan dioperasikan kembali. 2 Bandara itu  sempat ditutup karena tebalnya abu dari letusan Gunung Kelud di Kediri.

"Kita putuskan Yogyakarta dan Solo dibuka kalau tak ada perkembangan dari Gunung Kelud. Pukul 7 (besok) siap dibuka," terang EE Mangindaan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (17/2/2014).

Kedua bandara itu berhenti beroperasi sejak 3 hari lalu. Akibat aktivitas Gunung Kelud yang semakin menurun, maka Kementerian Perhubungan memutuskan untuk membuka dengan syarat keamanan telah dipenuhi.

"Kita sudah buat maklumat periksa semua perlengkapan mesin dan teknikal penerbangan karena bisa saja ada kemungkinan debu masuk. Jadi dibuka tapi airlines harus lakukan itu," ungkapnya.

Sebelumnya, ada 7 bandara yang ditutup akibat abu dari Gunung Kelud. Bandara yang ditutup adalah Bandara Juanda Surabaya, Adi Sumarmo Solo, Ahmad Yani Semarang, Adi Sutjipto Yogyakarta, Tunggul Wulung Cilacap, Abdurrahman Saleh Malang, dan Husein Sastranegara Bandung. (Mut/Ism)

Baca juga:

Presiden SBY Siap Kunjungi Pengungsi Gunung Kelud

Dampak Erupsi Gunung Kelud, Monyet Peliharaan Pengungsi Tewas

Menunggu Aksi SBY di Kelud

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.