Sukses

Kilang Minyak Pertamina II Dumai Terbakar

"Sebelum terbakar, terdengar bunyi ledakan sangat keras sekali hingga beberapa radius kilometer," kata Ari, warga setempat.

Kilang minyak pertamina RU II Dumai, Riau di Jalan Putri Tujuh, Dumai Timur mengalami kebakaran hebat, Minggu (16/2) malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Kobaran api di kilang pengolahan minyak milik nasional ini sontak membuat ribun warga Dumai kuatir dan tumpah ruah di jalan guna menyaksikan kebakaran terbakar.

"Sebelum terbakar, terdengar bunyi ledakan sangat keras sekali hingga beberapa radius kilometer," kata Ari, warga setempat.

Jalan Putri Tujuh kini dipadati warga berkendara yang ingin menyaksikan langsung peristiwa kebakaran ini. Kondisi cukup mencekam, karena bau minyak merebak hingga ke jalan.

Aparat polisi dibantu petugas sekuriti melokalisir tempat kejadian perkara guna melakukan evakuasi dan pengendalian situasi.

Picu Kemarahan

Situasi di depan kilang Pertamina saat ini mencekam karena ratusan warga memaksa masuk ke lokasi yang kini dipagar dan dijaga ketat aparat sekuriti dibantu polisi dan TNI.

"Pertamina harus bertanggungjawab atas kecemasan dan ketakutan warga di sekitar kilang karena dikhawatirkan bisa meledak lebih besar lagi," kata Megi, warga Kelurahan Tanjung Palas.

Kebakaran kilang minyak kebanggaan nasional ini dikabarkan warga sebelumnya sempat meledak keras hingga terdengar dari radius beberapa kilometer.

"Pertamina janji akan bunyikan alarm ketika ada insiden sebagai peringatan bahaya, namun kebakaran dengan ledakan keras ini sama sekali tidak ada terdengar alarm," ungkap warga lainnya.

Kebakaran kilang Pertamina ini telah menyulut amarah warga sekitar, bahkan membuat emosi sejumlah pejabat daerah, yakni Sekretaris Daerah Said Mustafa dan Wakil Ketua DPRD Zainal Abidin.

"Kami sangat ketakutan atas ledakan dan kebakaran ini karena bisa membahayakan lingkungan. Makanya warga marah dan tidak tahan lagi dengan rasa was-was dan khawatir ini," ungkap Yani, warga setempat.

Kobaran api di kilang pengolahan minyak milik nasional ini sontak membuat ribuan warga Dumai kuatir dan tumpah ruah di jalan menyaksikannya.

Jalan Putri Tujuh kini dipadati warga berkendara yang ingin menyaksikan langsung peristiwa kebakaran ini. Kondisi cukup mencekam karena bau minyak merebak hingga ke jalan.

Kapolres AKBP Yudi Kurniawan dan Dandim 0303 Letkol Czi Mahfug Ghozali memimpin langsung aparat dari kepolisian, TNI dan petugas sekuriti dalam melokalisir tempat kejadian perkara guna melakukan evakuasi dan pengendalian situasi.

Pejabat Pertamina RU II Dumai sejauh ini belum berhasil dimintai keterangan terkait peristiwa ledakan disertai kebakaran ini. (Ant/Edo/Adm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.