Sukses

Gunung Kelud Kepulkan Asap Putih, Status Masih Awas

Warga, khususnya laki-laki juga diimbau agar kembali mengecek kondisi rumahnya masing-masing dan cepat kembali ke pengungsian.

Hasil pemantauan vulkanologi terhadap Gunung Kelud mulai Sabtu pukul 18. 00 WIB hingga Minggu 16 Februari 06.00 WIB masih terlihat kepulan asap putih bertekanan lemah dengan ketinggian maksimal 1000 meter. Asap tersebut condong ke arah utara.

"Masih terlihat kepulan asap putih bertekanan lemah dengan ketinggian maksimal 1000 meter. Kegempaan tercatat 14 kali, embusan tremor 1 sampai 3 milimeter menurun," ujar petugas vulkanologi, Choirul, seperti dilansir Liputan6.com melalui situs resmi Pemkab Kediri, Minggu (16/2/2014).  

Menurut Choirul, saat ini status Gunung Kelud masih berstatus Awas. Karena itu bagi warga sekitar gunung diminta tidak berada di radius 10 kilometer. Warga, khususnya laki-laki juga diimbau agar kembali mengecek kondisi rumahnya masing-masing.

"Kepada laki-laki sehat secepat mungkin untuk pulang ke rumah, melihat rumah, membersihkan, memperbaiki genteng. Tapi tetap waspada dan segera kembali ke pos pengungsi," imbau Choirul.

Untuk anak-anak, para ibu, orang tua, kaum lanjut usia, serta mereka yang sakit diharap tetap di pos pengungsi dan tetap menggunakan masker. (Rmn/Yus)

Baca juga:

Warga Sinabung Masih Dilarang Beraktifitas di Radius 5 Km
Lion Air dan Sriwijaya Kembali Mengudara di Bandara Juanda
Warga Yogya Berharap Hujan lebat Agar Abu Kelud Cepat Hilang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini