Sukses

4 Alat Pencatat Gempa Rusak Akibat Letusan Gunung Kelud

Saat ini pihak PVMBG baru akan memasang 1 alat pengganti yang akan dipasang di lokasi yang aman.

Letusan Gunung Kelud juga merusak 4 seismik atau alat pencatat gempa. Rencananya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geogoli (PVMBG) memasang 1 stasiun seismik.

"Hari ini rencananya kita akan pasang 1 stasiun seismik pengganti 4 stasiun yang rusak," kata Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Kelud, Khairul Huda di pos pemantauan, Kediri, Jawa Timur, Minggu (16/2/2014).

Saat ini, timnya sedang melakukan rangkaian persiapan sebelum pemasang stasiun tersebut. Pengaturan alat tersebut dilakukan di pos pemantauan. "Kita setting semua di sini. Jadi nanti di lapangan tinggal pasang, waktu kita di lapangan juga tidak lama," lanjutnya.

Meski begitu, lanjut Khairul, pihaknya belum menentukan tempat stasiun baru itu akan dipasang. Pihaknya masih harus melihat titik aman untuk memasang stasiun yang baru itu. "Nah, untuk tempat belum kita tentukan. Kita masih cari lokasi yang paling aman," tandasnya.

4 Stasiun seismik hancur setelah erupsi Gunung Kelud. Keempat stasiun tersebut yakni berada di Gunung Lirang, Kaki Gunungan Sumbing, Belakang Gunung Sumbing, dan sebelah Timur Kelud. (Rmn/Yus)

Baca juga:

Bandara Husein Sastranegara Masih Tutup Penerbangan ke Yogyakarta
Status Kelud Masih Awas, Sebagian Warga Sudah Kembali ke Rumah
Bandara Ditutup Akibat Kelud, Pelni Siapkan 2 Kapal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini