Sukses

Faisal Basri: Target Utama Kasus Century adalah...

Pengamat ekonomi Faisal Basri menilai pengusutan kasus dana talangan Bank Century telah mengarah pada skenario besar, yakni menyasar SBY.

Ekonom Faisal Basri menilai pengusutan kasus dana talangan Bank Century telah mengarah pada skenario besar, yakni menyasar kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Apalagi jelang Pemilu 2014, tiap politisi di luar Partai Demokrat dipastikan sedang mencari panggung politik.

"Sri Mulyani hanya target antara. Konstruksinya ada uang Century masuk ke Demokrat, ini proses menuju ke sana, tapi belum ada bukti kuat. Target akhirnya SBY," ujar Faisal di Cikini, Jakarta, Sabtu (15/2/2014).

Salah satu cara para politisi untuk mengaitkan kasus ini ke arah SBY, menurut Faisal adalah dengan memanggil Wakil Presiden Boediono untuk kemudian diarahkan ke Partai Demokrat.

"Mereka ingin arahkan Pak Boediono itu jual kasus Century, dia jadi Wapres dan maharnya Century. Uang yang ke Century itu dialirkan ke Demokrat," tambah Faisal.

Padahal, menurutnya, pemanggilan itu tak ada gunanya karena kasus Century telah masuk ranah hukum. Sehingga terkesan ini sangat dipaksakan.

"Kan sudah di ranah hukum, terus mau apa lagi. Agendanya apa sih? Coba deh kalau nggak ada Century, panggungnya apa lagi buat mereka? Yang penting mereka itu butuh panggung, karya nggak ada, UU jelek, apalagi yang mereka jual ke rakyat, selain jual kehebohan," cetusnya.

Bila politisi di DPR serius mengungkap kasus Century, dia mengatakan, seharusnya mereka melakukan audit forensik. Cara tersebut terbukti ampuh pada kasus Bank Bali.

"Kalau mau ada audit forensik, seperti Bank Bali yang ditemukan nama Akbar Tandjung (mantan Ketua DPR). DPR malah nggak mau audit forensik. DPR sendiri nggak mau tuntas, karena ada juga anggota DPR yang punya akun di Century," tandas Faisal. (Ado/Sss)

Baca juga:

Anas Diperiksa Penyidik Terkait Perintah Amankan Century
Tuntaskan Century, Timwas dan Tim 9 Temui Din Syamsuddin
Kasus Century, Bamsoet: Pemanggilan Kedua Boediono 19 Februari
Wapres Boediono Punya 8 Alasan Tolak Panggilan Timwas Century DPR
Wapres Dipanggil Lagi, Demokrat Bakal Lobi Timwas Century 



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.