Sukses

[VIDEO] Alat Pemantau Gunung Kelud Rusak, Petugas Andalkan Mata

Sejumlah alat pemantau yang terpasang di kawasan Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur rusak akibat terkena imbas dari letusan.

Sejumlah alat pemantau yang terpasang di kawasan Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur rusak akibat terkena imbas dari letusan. Akhirnya, para tim pemantau hanya mengandalkan visualisasi atau melihat langsung dengan mara bagaimana aktivitas Kelud di lapangan.

Seperti yang ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV (15/2/2014), pasca letusannya sejumlah alat pemantau aktivitas Gunung Kelud mengalami gangguan. Sebelum terjadi letusan, petugas pemantau di PVMBG Bandung dapat mengakses perkembangan terakhir aktivitas gunung melalui 5 alat seismik di 5stasiun pemantau.

Kini, 4 dari 5 alat rusak tak berfungsi. Sedangkan untuk satu alat lainnya yang berjarak sekitar 5 kilometer belum dapat diakses karena masuk zona berbahaya.

Alhasil, para petugas pemantau untuk terus memperbaharui informasi kondisi terakhir Gunung Kelud, petugas hanya mengandalkan pemantauan visual pandangan mata dari jarak sejauh 10 kilometer.

Sementara, untuk peta terdampak, hingga kini PVMBG Bandung belum dapat memprediksi. Terutama yang terkait dengan ketebalan abu dan material lain yang dimuntahkan Gunung Kelud. Masih dengan masalah yang sama yaitu alat yang tak berfungsi pasca letusan. (Mhs/Tnt)

Lihat juga :

[VIDEO] Berstatus Awas, Awan Panas Masih Keluar dari Gunung Kelud

[VIDEO] Abu Kelud Sampai ke Garut dan Bandung

[VIDEO] Abu Kelud Picu Kecelakaan Beruntun di Klaten

[VIDEO] Kelud Meletus, Penumpang Pesawat Beralih ke Kereta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini