Sukses

Kelud Meletus, Maskapai Australia Batalkan 7 Penerbangan Bali

Virgin Airlines membatalkan 7 penerbangannya dari dan menuju Bali akibat meletusnya Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur.

Hujan abu vulkanik sejauh ratusan kilometer akibat meletusnya Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur membuat sejumlah maskapai penerbangan Australia membatalkan penerbangan ke Bali. Salah satunya Virgin Airlines yang membatalkan 7 penerbangannya dari dan menuju ke Bali.

"Maskapai dari Virgin Australia telah membatalkan penerbangannya karena erupsi Gunung kelud," kata Co-General Manager Angkasa Pura Bandara I Gusti Ngurah Rai I Gusti Ngurah Ardita di Denpasar, Bali, Jumat (14/2/2014).

Ardita menjelaskan, jadwal penerbangan yang dibatalkan tersebut di antaranya 4 tujuan penerbangan ke kota Melbourne, Brisbane, dan Perth. Tiga penerbangan dari Australia menuju Bali, yakni dari kota Sydney dan Adelaide juga dibatalkan.

Virgin Airlines merupakan satu-satunya maskapai penerbangan asing yang memilih tak melayani penerbangan dari dan ke Bali untuk sementara pascaerupsi Gunung Kelud. Angkasa Pura belum mengetahui sampai kapan pembatalan sementara itu dilakukan.

"Kami belum tahu, tetapi akan terus dikonfirmasi," ucap Ardita.

Penerbangan yang mengalami pembatalan menuju dan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai tercatat sebanyak 50 pergerakan. 43 Penerbangan tujuan Surabaya dan Yogyakarta yang dilayani maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Indonesia AirAsia, dan Lion Air (Wings Air) mengalami gangguan.

Aktivitas di Bandara I Gusti Ngurah Rai sendiri tetap beroperasi seperti biasa. Meskipun sejumlah penerbangan mengalami pembatalan akibat ditutupnya 3 bandara di Yogyakarta, Surabaya, dan Solo.

"Kami tetap melayani penerbangan tujuan lainnya. Dan kami juga sudah melakukan koordinasi dengan maskapai yang penerbangannya dibatalkan untuk proses penanganan penumpang, terutama bagi yang sudah memegang tiket," demikian Ardita. (Adm/Sss)

Baca Juga:

Nama 3 Korban Tewas Gunung Kelud Meletus
Kelud Meletus, Tiket KA Kelas Ekonomi Jakarta-Jatim pun Ludes
Kelud Meletus, Sejumlah Bandara Kemungkinan Dibuka Lagi Besok

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini