Sukses

Gunung Kelud Meletus, Bandara Juanda Rugi Rp 2 M

Untuk mengatasi kerugian sebesar Rp 2 miliar tersebut, Bandara Juanda akan dibuka 24 jam.

Ada 6 bandara yang harus ditutup karena hujan abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud, Jawa Timur. Salah satunya adalah Bandara Juanda di Surabaya, Jawa Timur.

"Bandara di Surabaya itu dalam 1 hari 50 ribu pengunjung. Jadi jelas rugi, kalikan saja 50 ribu dengan Rp 40 ribu (pajak bandara)," tutur Direktur Operasional PT Angkasa Pura I Yusan Sayuti, di Gedung Kemenhub, Jakarta, Jumat (14/2/2014).

Untuk mengatasi kerugian sebesar Rp 2 miliar tersebut, Yusan menyatakan akan membuka Bandara Juanda 24 jam. Dengan jam operasional yang lebih lama dari biasanya, maka pemasukan pun akan bertambah dan dinilai mampu atasi kerugian hari ini.

"Untuk antisipasi besok adanya tambahan jam operasional. Besok akan ditambah frekuensi penerbangan, mungkin bisa menutupi," ujarnya.

Sejauh ini, ada 7 bandara yang telah berhenti operasi akibat tertutup abu Gunung Kelud. Yusan mengaku tak tahu jumlah total kerugian. (Mut/Ism)

Baca juga:
Gunung Kelud Meletus, Jarak Pandang di Trenggalek Hanya 50 Meter
Sebelum Kelud Meletus, 1 Jam Tulungagung Digoyang 12 Kali Gempa
Warga Kediri: Kelud Meletus, Hujan Pasir Deras Kayak Air

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini