Sukses

Bandara Solo Ditutup Akibat Abu Gunung Kelud, Jarak Pandang 25 M

Ketebalan abu di Solo akibat letusan Gunung Kelud Kediri mencapai 1-3 centimeter.

Bandara Internasional Adi Sumarmo Solo, Jawa Tengah, ditutup akibat diselimuti abu vulkanik akibat letusan Gunung Kelud di Kediri Jawa Timur, pada Kamis malam. Sejumlah penerbangan dibatalkan demi keselamatan.

"Sejumlah penerbangan dibatalkan. Bandara diselimuti abu tebal," kata Sugiatno, calon penumpang yang sudah berada di Bandara Adi Sumarmo, Solo, Jumat (14/2/2014).

Sugiatno merupakan penumpang asal Kartasura. Dia harusnya terbang ke Jakarta pada pukul 07.00 WIB tadi. Namun batal berangkat karena pesawat Sriwijaya Air yang dia gunakan tak jadi berangkat.

"Karena hujan abu pesawat dibatalkan. Saya memaklumi karena ini bencana. Demi keamanan memang lebih baik dibatalkan saja," tutur Sugiatno.

Hujan Abu di Solo juga membuat jarak pandang sangat terbatas. Meski sudah pukul 08.00 WIB, suasana di Solo masih gelap. Kendaraan yang lewat di jalan pun harus menyalakan lampu untuk menghindari kecelakaan.

Jarak pandang di Solo pada pagi ini hanya 25 meter saja akibat abu vulkanik yang disemburkan Gunung Kelud. Sementara ketebalan abu di Solo mencapai 1-3 centimeter.

Gunung Kelud meletus 23.50 WIB. Gunung itu menyemburkan asap dan material vulkanik setinggi 3.000 meter. Dan saat ini, gunung yang terletak di perbatasan Kediri, Blitar, dan Malang ini berstatus Awas atau level IV sejak Kamis 13 Februari, pukul 22.15 WIB. (Eks/Ism)

Baca juga:
Candi Borobudur dan Prambanan Ditutup Akibat Abu Gunung Kelud
SBY Instruksikan BNPB Bantu Korban Erupsi Gunung Kelud
Gunung Kelud Kembali `Tidur` Pengungsi ke Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini