Sukses

Gerakan Tanaman Gizi di Rusunawa

Rumah Zakat (RZ) cabang Yogyakarta peringati Hari Gizi Nasional 2014 dengan melakukan gerakan budidaya tanaman gizi.

Citizen6, Yogyakarta: Rumah Zakat (RZ) cabang Yogyakarta peringati Hari Gizi Nasional 2014 dengan melakukan gerakan budidaya tanaman gizi. Bertema Kebun Giziku Subur, Giziku Terpenuhi, gerakan tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap 13 Pesan Umum Gizi Seimbang (PUGS).

Rusunawa Panggungharjo, Sewon merupakan salah satu lokasi diselenggarakannya gerakan ini. Dalam aksi yang dihadiri oleh perwakilan Dinas Pekerjaan Umum selaku pengelola rusunawa, warga membuat media tanam, penanaman bibit, dan penataan polibag.

"30 warga terlibat dalam aksi yang menghasilkan 650 polibag tanaman bergizi ini. Tanaman yang ditanam di antaranya terong, cabai, sawi, bayam, dan tomat," jelas Istiawan, Branch Manager RZ cabang Yogyakarta, Kamis (13/2/2014).

Para warga yang terlibat mengaku gembira dengan kegiatan ini, sebab ini pertama kalinya diadakan di rusunawa.

"Terima kasih RZ, kini saya jadi tahu bagaimana caranya menanam di polibag. Terima kasih juga kepada pengelola rusun yang telah memberikan izin. Semoga kebun gizi ini dapat menjadi kebanggaan masyarakat rusunawa," pungkas Muji salah seorang kader Posyandu Balita Rusunawa.

Gerakan budidaya tanaman gizi ini dilakukan secara bertahap di seluruh binaan RZ yang tersebar di Indonesia. Bertujuan untuk memenuhi gizi para warga, sekaligus sebagai inisiasi penghijauan. Diharapkan gerakan ini dapat menjadi pemantik agar semakin banyak warga yang tertarik untuk membudidayakan tanaman gizi.

Di Bandung, Gerakan Budidaya Tanaman Gizi akan dilaksanakan Jumat 14 Februari hingga Minggu 16 Februari 2014.

Saat puncak kegiatan, yakni Minggu 16 Februari 2014, akan dibagikan 2014 paket buah di Car Free Day Dago.

"Aksi ini dilakukan untuk memancing kesadaran warga agar hidup sehat dengan makan makanan bergizi," ujar Heny Widiastuti, Chief Program Officer RZ, Kamis (13/2/2014). (mar)

Penulis
Sari Asih Rahmawati
Yogyakarta

Baca juga:
RZ `Hijaukan` 226 Masjid dari Aceh Sampai Papua
Gramedia dan RZ Bantu Korban Sinabung dan Banjir Manado
14 Sekolah Juara Siap Terima 425 Yatim Dhuafa


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.