Sukses

Dira Ratri, Illustrator Pemenang Kontes Wakai

Dira Ratri adalah salah satu illustrator yang memulai karirnya pada 2009.

Citizen6, Jakarta: Dira Ratri adalah salah satu illustrator yang memulai karirnya pada 2009. Berawal dari hobi dan senang dengan buku cerita bergambar membuat Dira mulai menggambar dan mewarnai.

Ketertarikan Dira dalam menggambar mulai didalami saat perkuliahan di Bina Nusantara University jurusan Design Komunikasi Visual (DKV). Pada Februari 2014 ini, Dira sedang mengerjakan project fashion direct dan styling, menyusul Maret 2014,dengan project kolaborasi furniture.

"Gaya saya ke arah fashion dalam berilustrasi. Dengan ilustrasi kebanyakan sosok perempuan dan kecantikan. Tapi hingga saat ini merambah sosok hewan dan anak-anak. Inspirasi dan referensi saya dalam ilustrasi yaitu dari sebuah fotografi di majalah, web bahkan sekeliling saya sendiri," tutur Dira saat berhasil diwawancarai, Kamis (13/02/2014).

Berikut beberapa hasil wawancara lewat telepon yang dilakukan:

Dunia illustrator itu seperti apa?

Menyenangkan, peluang yang besar untuk menjadikan sebuah pekerjaan. Tapi di samping itu harus memahami terlebih dahulu apa yang akan disampaikan. Memberi pemahaman kepada mereka yang melihat dan mengerti apa yang kita sampaikan dari ilustrasi tersebut. Lalu disatukan dengan imajinasi kita sebagai artist atau ilustrator itu sendiri, sehingga membantu pemahaman sebuah cerita tertulis, yang kemudian di visualkan.

Kenapa memilih menjadi illustrator?

Mengawali dari sebuah hobby, berimajinasi dengan hal yang disampaikan oleh kata atau kalimat lalu di tuangkan. Hal tersebut yang membuat saya ingin menjadi illustrator.  Sejauh ini sebagai ilustrator menjadi suatu pekerjaan yang menjanjikan untuk sebuah prodak, buku, dan sebagainya.

Hal apa yang didapat selama menjadi illustrator?

Berpartisipasi pada beberapa pameran, jaringan yang didapat menjadi lebih luas. Sehingga saya bisa mengenal banyak  seniman, dan bisa bekerja dengan majalah luar negeri hingga lokal.

Prestasi yang sudah didapat selama menjadi illustrator?

Menang kompetisi ilustrasi dengan Wakai, pameran dengan kopi keliling, membuat ilustrasi untuk cover majalah di Singapore, dan masih banyak lagi. (mar)

Penulis
Yulia Yulee
Jakarta, yuleeyulia@gmail.com

http://deeraratri.blogspot.com
http://kreavi.com/deeraratri

Baca juga:
Mau Nonton Film Gratis, ke KineForum Aja
Romantis, Rayakan Valentine di Rumah Cupcakes
Sambut Valentine, Maleo Band Rilis Single Baru

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.