Sukses

[VIDEO] Aktivitas Meningkat, Kelud Berstatus Siaga Fase Kritis

Gunung Kelud kini berada dalam Status Siaga memasuki fase kritis. Sejumlah satwa liar di hutan lereng gunung sudah mulai turun.

Sampai dengan hari ini Gunung Kelud terpantau mengalami gempa vulkanik dangkal 208 kali, gempa vulkanik dalam sebanyak 39 kali dan suhu danau kawah naik menjadi 57,7 derajat Celsius. Peningkatan aktivitas yang cukup tinggi ini menjadi pertanda Gunung Kelud telah memasuki fase kritis menuju Status Awas.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (13/2/2014), meski data dari pos pengamatan menunjukkan peningkatan aktivitas Gunung Kelud, aktivitas belajar mengajar siswa masih terus berlangsung.

Selain di Pos Pengamatan Sugihwaras, Kediri, aktivitas vulkanik Gunung Kelud juga dipantau terus-menerus dari Kantor Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PV-MBG) di Bandung. Meski terus meningkat, erupsi Gunung Kelud diperkirakan belum akan terjadi dalam waktu dekat.

Tenda-tenda pengungsian untuk menampung warga jika sewaktu-waktu Gunung Kelud meletus kini sudah berdiri di lapangan Wates dan Segaran, Kediri, Jawa Timur. Selain tenda, peta jalur evakuasi juga sudah mulai disosialisaikan.

Dengan Status Siaga memasuki fase kritis, PV-MBG mengimbau kepada 62.700 jiwa penduduk yang berada di 4 kecamatan di sekitar Gunung Kelud untuk selalu waspada dan tidak beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari puncak gunung.

Apalagi Gunung Kelud sudah mulai mengeluarkan asap dan sejumlah satwa liar sudah mulai meninggalkan hutan di lereng gunung. (Nfs/Sss)

Baca juga:

Warga Diimbau Tak Beraktivitas 5 Km dari Kawah Kelud
Hewan Mulai Keluar Hutan, Aktivitas Gunung Kelud Diprediksi Naik
[VIDEO] Aktivitas Kelud Meningkat, Tenda Pengungsian Disiapkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini