Sukses

RI-Maroko Tingkatan Kerjasama Pendidilkan

Meningkatkan hubungan kerja sama Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia-Maroko, Dubes RI gelar pertemuan dengan Rektor Universitas Sidi Mohamed

Citizen6, Rabat: Sebagai upaya meningkatkan hubungan kerja sama Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia-Maroko, pada Selasa 11 Februari 2014, Dubes RI Untuk Maroko Tosari Widjaja mengadakan pertemuan dengan Rektor Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes Prof  Dr Omar Sabhi.

Pada awal pertemuan, Rektor menyampaikan apresiasi atas peran aktif KBRI dalam mengembangkan kerja sama pendidikan Indonesia-Maroko. Ditambahkannya, dengan fasilitasi KBRI, sejauh ini telah terlaksana berbagai program di bidang pendidikan dan kebudayaan Indonesia-Maroko di Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes.

Lebih lanjut, Rektor juga menyinggung kerja sama yang telah terjalin antara Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes dengan 2 universitas di Indonesia, yaitu Universitas Islam Sultan Agung Semarang (UNISSULA) dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) serta keinginan untuk mengadakan kunjungan ke 2 universitas tersebut dalam waktu dekat.

Dalam pertemuan ini, Rektor juga mengundang Group Theater dari universitas di Indonesia untuk dapat tampil pada pagelaran group theater yang akan diadakan di Universitas Mohamed ben Abdellah Fes pada April 2014 ini.

Dalam pertemuan ini, Dubes RI menyampaikan 5 poin penting yaitu: Pertama, Dorongan dan sambutan baik atas rencana kunjungan delegasi Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes ke UNISSULA dan UIN Malang dengan menekankan agar segera dapat dimulai komunikasi-komunikasi persiapan dengan kedua universitas tersebut. Kedua, penjajakan kerja sama antara Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes dengan Universitas Negeri Makassar, yang diagendakan pada bulan Maret 2014.

Ketiga, rencana penyelenggaraan Hari Kebudayaan Indonesia di Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes yang di jadwalkan pada April 2014. Keempat, penjajakan kemungkinan penempatan mahasiswa-mahasiswi Indonesia utusan Pemda Sumatera Barat untuk menempuh pendidikan di Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes, dan kelima, ucapan terima kasih atas penerimaan mahasiswa-mahasiswi Indonesia di universitas tersebut, termasuk mengusulkan jadwal sidang thesis mahasiswa Indonesia atas nama Sofin Sugito agar dapat dipercepat.

Dalam tanggapannya, Rektor menyambut baik usulan-usulan Dubes RI dan menyampaikan kesiapan Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes untuk merealisasikan usulan tersebut.

Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes atau biasa disingkat USMBA merupakan salah satu universitas terkemuka di Maroko yang berlokasi di Kota Fes. Universitas tersebut berdiri pada 1975 dengan mengambil nama salah seorang raja besar dari dinasti Alawiyah, Sultan Sidi Mohamed Ben Abdellah yang lahir pada tahun 1134 H.

Beberapa fakultas yang terdapat dalam universitas ini adalah Fakultas Sastra dan Humaniora, Fakultas Ilmu Hukum-Ekonomi dan Sosial, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Sastra dan Humaniora, serta Fakultas Kedokteran dan Farmasi. Saat ini terdapat 7 orang mahasiswa-mahasiswi  Indonesia yang menempuh pendidikan di universitas Sidi Mohamed Ben Abdellah Fes, yaitu di Fakultas Adab dan Humaniora. (mar)

Penulis:
Suparman Hasibuan (Sekretaris III / Pelaksana Fungsi Pensosbud)
Rabat, hasibuansuparxxx@yahoo.com

Baca juga:
PPI Maroko Mendoakan KH MA Sahal Mahfud
Maroko Negeri Tiga Budaya Nan Eksotis
Menjelajahi Istana Lumpur di Ouarzazat

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini