Sukses

2 Liong Menutup Perayaan Imlek di Ketapang

Dua ekor naga (liong) sepanjang 60 meter menyambangai Kantor Bupati Ketapang. Kegiatan ini merupakan ritual penutup perayaan Imlek.

Citizen6, Ketapang: Dua ekor naga (liong) sepanjang 60 meter menyambangai Kantor Bupati Ketapang, Kalimantan Barat. Kegiatan yang digelar oleh Panitia Naga Yayasan Tri Dharma Ketapang ini merupakan ritual penutup perayaan Imlek 14 Februari 2014 pada hari ke-15, yakni Cap Go Meh.

Butuh 20 orang pemain untuk memainkan naga sepanjang 60 meter tersebut seperti hidup meliuk-liuk. Selain itu, diperlukan para penari proesional untuk melakukan gerakan-gerakan akrobatik yang memukau ratusan mata penonton yang memadati halaman Kantor Bupati Ketapang.

Wakil Bupati Ketapang Boyman Harun yang di dampingi Asisten III Hj Normaniah, Asisten I Drs H Gurdani Achmad menyambut kehadiran barongsai tersebut dengan ikut memberikan ampau kepada naga-naga yang menyambangi mereka satu-persatu.

Bupati Ketapang yang diwakili oleh Wakil Bupati (Wabub) Ketapang Boyman Harun mengucapkan selamat  tahun baru imlek 2565/2014 M kepada warga tiongha yang merayakan.

"Semoga ditahun baru ini dapat membawa kebahagian, kesejahteraan dan keberuntungan bagi kita semua. Jadikanlah tahun baru imlek sebagai momentum bagi masyarakat Tiongha untuk melakukan introspeksi diri agar lebih baik pada masa yang akan datang," kata Boyman.

Pagelaran naga ini, lanjut Boyman tidak hanya disambut dengan suka cita oleh masyarakat Tionghoa saja, melainkan juga oleh segenap masyarakat Kabupteng Ketapang.

Wabub Boyman Harun mengharapkan kepada masyarakat untuk bersikap arif dan bijaksana dalam memecahkan masalah-masalah dan tantangan baru sesuai dengan perkembangan masyarakat dan lebih bersikap pro aktif.

"Tingkatkan ketaqwaan dalam diri kita masing-masing sebagai bentuk pencerminan diri sebagai umat beragama yang menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual moral, dan etik. Sealin itu, kembangkan toleransi antar umat beragama, hormati manusia dengan segala atribut dan keyakinannya, dan berlombalah menciptakan kebaikan dan keteladanan," himbaunya. (mar)

Penulis:
Alwiadi
Ketapang, alwixxx@pnsmail.go.id

Baca juga:
Pesta Kembang Api Warnai Tahun Baru Imlek di Pangkalpinang
`Gepeng` Dadakan Berebut Berkah Imlek di Klenteng Kwan Tie Bio
Prajurit AL Lomba Bakiak Meriahkan Imlek

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung
SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas,
kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com











* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini