Sukses

Kecelakaan Pesawat di Aljazair, 55 Mayat Ditemukan dan 1 Selamat

Belum ada penjelasan diberikan oleh pihak terkait soal kesimpangsuran jumlah korban tersebut.

Satu orang dinyatakan selamat dalam kecelakaan pesawat militer yang jatuh di Aljazair, Selasa (11/2/2013) waktu setempat. Korban selamat saat ini menjalani perawatan.

"Kecelakaan itu menewaskan 77 orang tewas dan seorang korban luka serius. Korban luka dibawa ke rumah sakit militer wilayah Constantine," demikian pernyataan menteri pertahanan setempat pada kantor berita nasional APS yang dikutip news.com.au, Rabu (12/2/2014).

Menurut Algerie Presse Service (APS), pesawat jenis Hercules C-130 itu membawa anggota angkatan udara Aljazair dan keluarga mereka. Laporan awal tentang kecelakaan masih simpang-siur. Beberapa mengatakan 103 orang berada di dalam pesawat dan sebanyak 100 orang tewas. Laporan lain menyatakan 52 orang tewas dan 24 lainnya hilang.

Belum ada penjelasan diberikan pihak terkait soal kesimpangsuran jumlah korban tersebut.

Komandan Farid Nechad, yang berbasis di Aljir, mengatakan sejauh ini mayat yang telah ditemukan dari kecelakaan tersebut berjumlah 55 jenazah.

Kantor berita negara mengatakan, pesawat itu terbang dari kota selatan jauh dari Tamanghasset ke timur kota Constantine. Pesawat itu jatuh di dekat kota Ain Kercha di Provinsi Oum El Bouaghi .

Pejabat pertahanan sipil di tempat kejadian mengatakan, perempuan dan anak-anak termasuk di antara korban tewas di daerah bersalju, sekitar 50 km selatan dari Constantine, timur kota utama Aljazair itu. Akibat kecelakaan tersebut, pesawat Hercules C-130 terbelah menjadi tiga bagian .

Kolonel Lahmadi Bouguern, juru bicara militer wilayah timur mengatakan kecelakaan itu disebabkan kurangnya visibilitas dan angin kencang yang telah menerjang daerah tersebut sejak beberapa hari terakhir .

Menurut situs aviation, safety.net, pergerakan angin kala itu berkisar antara 17-28 knot.

Kecelakaan pesawat ini merupakan kejadian terburuk dalam sejarah Aljazair selain pada 2003 lalu. Ketika itu 102 orang tewas setelah sebuah pesawat sipil jatuh di ujung landasan pacu di Tamanghasset.

Pada November 2012, sebuah pesawat kargo militer Aljazair juga jatuh di Perancis selatan. 6 Orang tewas dalam peristiwa tersebut. (Ali)

Baca juga:

100 Orang Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di Aljazair

Penyebab Kecelakaan Pesawat di Aljazair yang Tewaskan 100 Orang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini