Sukses

EGSA Geografi UGM Gelar Ekspedisi Intervolcano Basin

Himpunan Mahasiswa Jurusan Geografi Lingkungan (EGSA) Fakultas Geografi UGM kembali mengadakan kegiatan bertemakan lingkungan.

Citizen6, Yogyakarta: Himpunan Mahasiswa Jurusan Geografi Lingkungan (EGSA) Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali mengadakan kegiatan bertemakan lingkungan.

Setelah sukses dengan acara EGSA Fair pada November 2013, EGSA kembali menggelar acara ekspedisi yang bertempat di kawasan Rawa Pening selama 4 hari, yakni dari 5 – 9 Februari 2014.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian agar nantinya siap terjun di lapangan dan dunia kerja.

Ekspedisi Intervolcano basin Rawa Pening ini memiliki tema besar, berupa penilaian kondisi fisik, lingkungan, ekonomi, dan sosial di kawasan Rawa Pening.Tujuh sub tema yang diangkat meliputi kajian ekonomil ingkungan, hidrologi permukaan, geohidrologi, geomorfologi dan tanah, degradasi lingkungan, sosial kependidikan, dan demografi.

Dari masing-masing tema terdapat satu topik kajian, di antaranya membahas imbangan air, pemetaan aliran air tanah, pemetaan geomorfologi untuk analisis sumbe rdaya, penilaian ekonomi serta penentuan pola keterkaitan eceng gondok, dan perikanan di kawasan Rawa Pening.

Kegiatan ekspedisi ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat di sekitar Rawa Pening.

Hasil akhir kegiatan ekspedisi berupa laporan penelitian dan majalah, yang diharapkan mampu memberi manfaat dan memberikan pengetahuan terkait kondisi di sekitar Rawa Pening.

Noor Iskandar, selaku ketua, mengungkapkan,"Ekspedisi sebagai kegiatan rutin EGSA berguna untuk mengembangkan soft skill mahasiswa. Ekspedisi Intervolcano basin Rawa Pening ini diharapkan mampu menjelaskan kondisi kekinian Rawa Pening, dan hasilnya dapat berguna untuk penentuan pengolahan lingkungan masyarakat." (mar)

Penulis
Rahadian Andre W (Mahasiswa Fak Geografi UGM)
Yogyakarta, rahadianandrxxx@gmail.com

Baca juga:
Professor University of Glasgow Beri Kuliah di UGM
Organic farming di Srigading, Sanden
Konservasi Cemara Udang Bersama Mahasiswa Mancanegara


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini