Sukses

Panwaslu Bangka Barat Kampanyekan Anti Golput

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bangka Barat, Bangka Belitung mengkampanyekan agar warga menggunakan hak pilihnya.

Citizen6, Bangka Belitung : Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengkampanyekan agar warga menggunakan hak pilihnya dan menolak politik uang pada Pemilu 2014 mendatang. Himbauan itu disampaikan oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Bangka Barat, Ujung Adhari di ruang kerjanya.

"Panwaslu menyerukan kepada masyarakat Bangka Barat untuk tidak golput. Jangan menyia-nyiakan suara kita. Selamatkan Bangsa dari Politik Transaksional dalam Pemilu 2014," kata Ujung. Dirinya sadar bahwa tidak semua calon anggota legislatif (caleg) dari partai politik (parpol) peserta pemilu bersifat baik. Tetapi, katanya, masyarakat Bangka Barat harus tetap memilih.

Ujung mengutarakan, menggunakan hak pilih adalah panggilan bagi setiap orang yang telah memiliki hak pilih. Dengan hak pilih, berarti masyarakat telah mengambil bagian dalam menentukan arah perjalanan kota ini ke arah yang lebih baik. Terakhir, Panwaslu Kabupaten Bangka Barat menghimbau agar warga pemilih hati-hati dengan sikap ramah dan kebaikan yang ditampilkan caleg hanya ketika berkampanye seperti membantu secara material atau memberi uang.

Gerakan anti golput ini akan dilakukan dalam beragam kegiatan sosialisasi. Mereka mengacu pada alasan masyarakat tidak menggunakan haknya selama ini. Dirinya berharap caleg dan parpol ikut mensosialisasikannya. Panwaslu juga akan memanfaatkan spanduk – spanduk dan baliho yang akan disebarkan ke desa – desa di Kabupaten Bangka Barat.

Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat mengadakan sosialisasi terkait Pemilu 2014 di SMA Negeri 1 Muntok untuk meningkatkan partisipasi Pemilih Pemula dalam menggunakan hak pilih mereka. "Intinya sosialisasi untuk mengajak para pelajar agar menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2014," kata Anggota Divisi Sosialisasi KPU Bangka Barat, Yulizar, SS., MM
Menurut Yulizar, sosialisasi bertujuan untuk memberikan informasi mengenai Pemilu 2014 secara umum. Dalam kesempatan itu, pihaknya membagi - bagikan poster, dan pin yang berisi ajakan untuk memilih pada Pemilu 2014. (mar)

Penulis :
Joko Dwi Cahyana
Bangka Belitung, JokodwicahyanaXXX@yahoo.co.id

Baca Juga:
Jangan Golput, Jadilah Pemilih yang Cerdas
PNS yang Golput akan Diberi Sanksi?

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini