Sukses

Kebakaran Madinah, Selain 15 Tewas, 130 Jemaah Umrah Terluka

Hotel 16 lantai ini merupakan tempat penginapan bagi sekitar 700 jemaah umrah yang berasal dari berbagai negara.

Sebanyak 15 orang tewas dan sekitar 130 orang lainnya luka-luka akibat kebakaran di Hotel Ishraq al Madina, tak jauh dari Masjid Nabawi di Kota Suci Madinah, Arab Saudi, Sabtu 8 Februari 2014 petang. Sebagian besar korban tewas bukan karena luka bakar.

"Kebakaran mengakibatkan kematian 15 orang karena pingsan, tersedak, pendarahan, gangguan pernapasan serta jantung," kata Mohammed Mahmoud Kheyat, juru bicara Bulan Sabit Merah Saudi, Madinah, seperti dilansir Aljazeera, Minggu (9/2/2014).

Hotel 16 lantai ini merupakan tempat penginapan bagi sekitar 700 jemaah umrah yang berasal dari berbagai negara. Hingga kini belum diketahui para korban tewas itu berasal dari negara mana saja.

Penyebab kebakaran sendiri masih dalam penyelidikan. Dugaan awal, api dipicu dari gangguan listrik di hotel itu. Sementara, Gubernur Madinah, Pangeran Faisal bin Salman menegaskan pemerintah akan mendalami insiden kebakaran di kota suci kedua umat Islam setelah Mekah itu.

Hingga kini belum ada laporan resmi apakah ada warga negara Indonesia yang menjadi korban tewas ataupun luka-luka. Sebagian besar korban luka merupakan warga Mesir. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.