Sukses

[VIDEO] Truk Maut Pandeglang Ternyata Tidak Laik Jalan

Polisi memastikan truk maut Pandeglang tidak laik jalan. Sistem pengereman tidak berfungsi baik dan pedal gas diikat benang.

Bangkai truk pengangkut puluhan siswa SMKN 1 Pandeglang, Banten, yang mengalami kecelakaan di kawasan Mandalangi kini teronggok di Mapolres Pandeglang, Sabtu 8 Februari 2014.

Dari pemeriksaan awal, polisi memastikan truk ini tidak laik jalan. Buktinya antara lain rem tangan dan sistem pengereman tidak berfungsi baik serta pedal gas yang diikat oleh benang.

Polisi juga menyimpulkan ada unsur kelalaian pengemudi. Sopir truk Rizal ternyata hanya punya SIM untuk kendaraan kecil, bukan untuk truk yang ia kendarai. Truk itu juga tidak dilengkapi dokumen resmi kendaraan seperti STNK dan kir.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (9/2/2014), Kasat Lantas Polres Pandeglang AKP Arisatmoko mengatakan pihaknya berencana memanggil pemilik truk yang tidak mustahil akan dijadikan tersangka.

Sementara itu, sepanjang Sabtu kemarin penyidik dari Polres Serang dan Polda Banten juga meminta keterangan sejumlah siswa SMKN 1 Pandeglang. Para siswa ini luput dari maut karena berjalan saat menuju lokasi perkemahan dan tidak menumpang truk seperti para korban.

Sejauh ini, polisi belum bisa membeberkan hasil pemeriksaan terkait siapa penanggung jawab penunjukan truk sebagai kendaraan pengangkut siswa.

Kecelakaan maut yang menimpa siswa SMKN 1 Pandeglang terjadi Jumat 7 Februari 2014 petang. Saat itu truk yang mengangkut hampir 60 orang itu terbalik di kawasan Mandalawangi.

6 orang meninggal dunia, 4 di antaranya adalah siswa, sementara 2 lainnya adalah sopir dan kernet truk. Seluruh korban telah dimakamkan, sementara sekitar 31 siswa korban lainnya masih dirawat intensif di RSUD Pandeglang. (Ado/Han)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini