Sukses

70 Kampung Deret Siap Dibangun Tahun Ini di Jakarta

Pembangunan 70 kampung deret itu akan dimulai Maret mendatang.

Sebagai salah satu program andalan Jokowi-Ahok, pembangunan kampung deret akan dimulai tahun ini. Pembangunan yang diperkirakan akan dilakukan pertengahan tahun itu sebanyak 70 kampung deret di seluruh wilayah DKI Jakarta, termasuk kabupaten Kepulauan Seribu.

Kepala Dinas Perumahan DKI Jakarta Yonathan Pasodung mengatakan, pembangunan 70 kampung deret akan dimulai pada Maret mendatang. Meski sudah memastikan pembangunan dilakukan di 70 lokasi, namun ia belum dapat menyebutkan lokasi mana saja kampung deret tersebut dibangun.

"Namun yang pasti di seluruh wilayah, termasuk di Kepulauan Seribu.Di sana akan ada 6 titik lokasi kampung deret," ujar Yonathan, Jakarta, Sabtu (8/2/2014).

Menurut Yonathan, pihaknya telah membangun di 26 titik lokasi selama 2013. Dari 26 kampung deret yang dibangun, sebagian masih dalam proses penyelesaian dan ditargetkan selesai hingga akhir Februari tahun ini.

Salah satu lokasi kampung deret yang saat ini masih dibangun, kata Yonathan, yaitu di RW 05 Kelurahan Petogogan, Jakarta Selatan. Khusus pembangunan kampung deret di wilayah tersebut, warga sangat kompak. Mereka bersedia saling berbagi lahan dengan warga yang mempunyai lehan yang lebih kecil.

"Misalnya, warga yang memiliki luas tanah yang lebih besar mau membagi sebagian lahannya ke tetangga mereka yang luas tanahnya lebih kecil. Sehingga, keduanya memiliki luas tanah yang sama, ini bagus sekali," kata Yonathan.

Menurutnya, selama menjalankan program kampung deret, pihaknya menemui beberapa kendala. Seperti adanya warga yang tidak bersedia tanahnya berkurang, karena diambil untuk pelebaran jalan maupun untuk fasilitas umum lainnya.

"Mereka tidak mau tanahnya berkurang, padahal nantinya warga tetap memiliki rumah dengan luas yang sama karena hunian akan dibangun dengan 2 tingkat," tandas Yonathan. (Rmn/Ado)

Baca juga:

Puji Kampung Deret Petogogan, Jokowi: Paling Bagus
Kampung Deret Tambora, Jokowi: Sekarang Mewah
Proyek Gorong-gorong Sebabkan Banjir, Warga Duren Sawit Geram

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini