Sukses

KSAD: 1 dari 14 Ruas di Papua Selesai Dibangun

Alokasi anggaran pembangunan tersebut mencapai Rp 425 miliar dan mengerahkan 2 ribu tentara.

TNI AD mendapat mandat untuk membangun 14 ruas jalan di Papua dan Papua Barat, sepanjang 120 km. Setelah beberapa bulan pengerjaan, 1 ruas jalan telah selesai dikerjakan.

"1 ruas sudah selesai, 10 ruas mendekati selesai, sudah mulai kerja. Sudah sampai saja peralatannya, itu sudah hampir mendekati selesai bagi saya. 3 Ruas masih peralatannya baru sampai," terang Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Budiman, di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (7/2/2014).

1 ruas yang telah selesai dikerjakan adalah ruas jalan Mansinam. Terkait 3 ruas yang baru akan dikerjakan, Budiman menjelaskan peralatan yang dibawa TNI AD terhalang cuaca ekstrem belakangan ini.

"Sudah di perjalanan 3 bulan, bayangkan 3 bulan menuju 3 titik itu. Biasanya setelah Februari, baru cuaca agak tenang," tutur Budiman.

Mantan Pangdam IV/Diponegoro itu menerangkan pula, bahan dasar ruas jalan itu memakai cairan kimia khusus, yang membuat 95 persen dari struktur jalannya tak kalah dari batu yang sangat keras.

Sedangkan, terkait dana, Budiman menyatakan tak ada masalah."Dari Menteri Keuangan (Chatib Basri), dana sudah akan diberikan untuk kelanjutan pembangunan ruas jalan itu," katanya.

Alokasi anggaran pembangunan tersebut mencapai Rp 425 miliar dan mengerahkan 2 ribu tentara. Pembangunan jalan itu diserahkan kepada TNI AD dengan alasan sulitnya medan di lokasi yang akan dibangun. Karena itu, TNI AD dianggap memiliki pengalaman dan kemampuan, termasuk fasilitas transportasi udara yang cukup untuk menyelesaikan proyek tersebut. (Tya/Mvi)

Baca juga:

`The Last Samurai` dari KSAD

KSAD Minta Capres `Militer` Tak Gunakan Fasilitas TNI

Senjata & Bom Ditemukan di TKP Eks Pelatihan Terduga Teroris Poso

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.