Sukses

Kemenhut Siapkan Lahan Pengungsian Korban Sinabung di Kabanjahe

Namun Kemenhut menyerahkan Sepenuhnya kepada pemerintah daerah setempat.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan siap menyiapkan lahan untuk lokasi pengungsian korban musibah erupsi Gunung Sinabung, Medan, Sumatera Utara. Lokasinya berada di kawasan Kabanjahe.

"Kalau bupati dan gubernur tidak mampu menyiapkan lahan, ada kawasan kita di Kabanjahe. Kita punya 9 ribu hektar lahan di sana," kata Zulkifli di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/2/2014).

Zulkifli menjelaskan, lahan tersebut lokasinya berada sekitar 20 kilometer dari Gunung Sinabung. Maka itu, ia menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah setempat untuk mempertimbangkan lokasi tersebut. "Dipakai ayo, tidak dipakai ya nggak apa-apa," ujarnya.

Sebenarnya, kata Zulkifli, ada lahan yang lokasinya tak jauh dari Gunung Sinabung. Yakni Taman Nasional Gunung Leuseur. Namun, taman nasional tidak sembarangan diubah, apalagi untuk lahan pengungsian. "Tapi tidak boleh kalau mengubah taman nasional. Prosesnya panjang sekali."

"Harus persetujuan bupati, gubernur, amdalnya cocok atau tidak, lalu DPR juga harus setuju. Padahal ini kan perlunya sekarang. Kalau Taman Leuser, kami pasti tidak setujui, karena prosesnya akan panjang sekali. Makanya, saat ini bupati sedang mencari lokasi yang paling dekat," ujar Zulkifli. (Rmn/Yus)

Baca juga:

Tenda Asmara untuk Pengungsi Sinabung
BNPB Siapkan Rp 67 M untuk Bangun Rumah Warga Sinabung
[VIDEO] Pengungsi Sinabung Usir Kebosanan dengan Organ Tunggal


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini