Sukses

Jelang Olimpiade Sochi, AS Peringatkan Ancaman Bom Pasta Gigi

Peringatan ini diberikan kepada maskapai melayani penerbangan menuju dan dari Rusia terutama menjelang Olimpiade Musim Dingin di Sochi.

Amerika Serikat memperingatkan adanya bahan peledak yang disembunyikan dalam tabung pasta gigi. Peringatan ini diberikan kepada maskapai melayani penerbangan menuju dan dari Rusia terutama menjelang Olimpiade Musim Dingin di Sochi.

Dari laman CNN, Rabu 5 Februari 2014, Ketua Komite Keamanan Dalam Negeri Parlemen dari Partai Republik, Michael McCaul mengatakan, pihaknya telah memperingatkan maskapai yang terbang ke Rusia terkait potensi ancaman tersebut.

Sementara itu, Departemen Keamanan Dalam Negeri (Department of Homeland Security) mengatakan, pihaknya tidak mengetahui adanya bahaya khusus dari peledak yang disimpan di tabung pasta gigi untuk AS saat ini. Bom pasta gigi ini merupakan laporan terbaru di kawasan sekitar lokasi olimpiade di Sochi, Rusia.

Homeland Security juga menyatakan kepada BBC, telah berbagi informasi secara teratur dengan mitra domestik dan internasional, termasuk yang berhubungan dengan event internasional yaitu Olimpiade Sochi.

Presiden AS Barack Obama, seperti diwartakan Reuters, menyatakan dirinya yakin Sochi dalam keadaan aman. Apalagi, militer Rusia telah menyiapkan pasukan tingkat tinggi untuk menjaga keamanan di Sochi.

Untuk mengamankan olimpiade tersebut, Amerika juga telah menempatkan 2 kapal perang di Laut Hitam. Olimpiade akan dilangsungkan pada 7-23 Februari 2014. Pengamanan diperketat menyusul 2 serangan bunuh diri di Volgograd pada Desember, dan berbagai ancaman dari militan Islam di wilayah Kaukasus. (Mvi/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini