Sukses

Teka-teki Kematian 2 Turis Australia di Bali Terkuak

Aparat mengindikasikan bahwa sebuah kombinasi langka menjadi penyebab ibu dan anak tersebut tewas secara bersamaan.

Liburan Noelene Gaye Bischoff (54) dan anak perempuannya, Yvana Jeana Yuri Bischoff (14) di Bali berujung maut. Dua turis asal Australia tersebut menghembuskan nafas terakhir di Pulau Dewata.

Kini, penyebab nyawa mereka melayang mungkin telah tersingkap: sebuah kombinasi langka dari keracunan ikan dan asma berkepanjangan.

Kakak Noelene, Malcolm Bischoff dan keluarganya bicara dengan otoritas koroner di Australia Selasa kemarin. Mereka diberi penjelasan singkat tentang potensi penyebab kematian tragis ibu dan anak tersebut.

Kepada The Courier-Mail, Malcolm mengatakan, aparat mengindikasikan bahwa keracunan tipe scombroid adalah penyebabnya.

Keracunan tipe scombroid disebabkan mencerna ikan yang membusuk, dengan gejala yang kadang muncul dalam hitungan menit setelah makan ikan itu.

"Ini sangat langka...yang datang dari ikan," kata Malcolm, seperti dimuat News.com.au, Rabu (5/2/2014).  "Itu dan juga tanda-tanda asma adalah kombinasi mematikan."

Malcolm menambahkan, Noelene menderita asma sejak anak-anak. Sementara putrinya, Yvana mengalaminya di awal masa remajanya. Aparat di Australia telah mengesampingkan unsur kesengajaan dalam perkara tersebut. "Aparat sudah mencoba menjawab semua pertanyaan," kata dia.

Meski demikian, kesimpulan final kematian dua WN Australia di Bali masih menunggu hasil sejumlah tes yang akan dirampungkan beberapa minggu mendatang. Namun, lanjut Malcolm, pihak berwenang di Australia '90-95 persen' yakin, saudara dan keponakannya menjadi korban keracunan makanan. Dan itu langka.

"Kesempatannya 1 banding 20 juta dua orang terkena dampaknya dalam waktu bersamaan," kata dia.

Pihak Indonesia sebelumnya juga menduga keracunan makanan sebagai penyebab kematian Noelene dan Yvana.

Ibu dan anak tersebut sakit setelah berwisata pada 3 Januari 2013. Di hari itu pasangan tersebut kembali ke hotel mereka pukul 15.30 waktu Bali, kemudian pada tengah malam mereka sakit parah.

Keduanya dilarikan ke pusat kesehatan setempat. Namun, Noelene meninggal di ambulans, sementara Yvana tewas beberapa jam kemudian.

Jasad keduanya dilarikan ke kampung halaman mereka di Queensland bulan lalu, untuk menjalani uji forensik.

Sebelumnya, Giovanni Bareato, manajer restoran tempat dua korban makan malam membantah hidangannya punya kontribusi atas kematian tragis tersebut.

Kepada ABC ia mengatakan, pelanggan lain yang makan menu yang sama, tak ada satu pun yang menderita sakit. (Ein/Tnt)

Baca juga:

Misteri Kematian 2 Turis Australia di Bali, Gara-gara Ikan?
Polisi Kesulitan Ungkap Sebab Kematian 2 Turis Australia di Bali
Isu 2 Turis Australia Tewas Keracunan Coreng Citra Bali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.