Sukses

PKB Serius Usung Jusuf Kalla Maju Capres 2014

Hal itu setelah 25 DPW PKB seluruh Indonesia mendeklarasikan JK sebagai Capres PKB di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan keseriusannya mengusung mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) sebagai calon presiden (Capres) pada Pilpres 2014 mendatang. Setelah, 25 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB seluruh Indonesia mendeklarasikan JK sebagai Capres PKB di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, beberapa waktu lalu.

"DPP PKB merespons mendeklarasikan Pak JK sebagai Capres. Khusus Pak JK, DPP PKB akan serius. DPP PKB atas deklarasi 25 wilayah itu akan dibicarakan secara serius juga di Rapimnas setelah Pileg," kata Ketua DPP PKB Marwan Jafar dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (1/2/2014).

Untuk itu, kata Marwan, pihaknya akan mengonsultasikan usulan pencapresan mantan Ketua Umum Partai Golkar itu kepada para kiai dan PBNU.

"Kita akan melakukan konsultasi dengan para kiai dan PBNU. Tentunya secara bersama juga dengan Pak Mahfud dan Pak Rhoma," tambah Marwan.

Menurutnya, untuk menentukan tiga nama yang sudah dideklarasikan, PKB akan melakukan survei internal dan konsultasi dengan para kiai dan PBNU.

"Kita melakukan survei internal dua kali, dari survei internal itu akan terlihat siapa yang unggul dari ketiga nama. Selain itu, kita juga akan bawa aspirasi para kiai, dan hasil konsultasi dengan PBNU," tutup Marwan.

Marwan sebelumnya mengatakan, deklarasi JK yang dilakukan di Kalimantan Selatan karena daerah itu merupakan basis suara terkuat JK. Dengan deklarasi JK, PKB telah mantap dengan 3 kandidat capresnya, yakni mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD yang mendeklarasikan diri di Jawa Tengah dan Raja Dangdut Rhoma Irama yang deklarasi di Jakarta.

"Tapi, semua diputuskan setelah pileg. Sama seperti Mahfud dan Rhoma agar meningkatkan suara PKB, karena harus bersinergi," ujar dia.

Dari 3 kandidat itu, pemilihan capres yang akan diusung PKB akan dilakukan dengan survei internal partai. "Suara anggota juga jadi bahan pertimbangan. Kan normal mekanismenya. Setelah pileglah hasilnya seperti apa," tandas Marwan. (Ali)

Baca juga:

Ketum PBNU Ucap Amin... JK Jadi Capres PKB
Didaulat 25 DPW PKB Jadi Capres, JK Merasa Terhormat
Setelah Rhoma dan Mahfud, PKB Deklarasikan JK Sebagai Capres

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini