Sukses

Pesawat Lion Air Tergelincir di Palembang

Pesawat bernomor register PK-LMV yang melayani Jakarta-Palembang ini tergelincir hingga ratusan meter dari landasan. Pesawat berpenumpang 154 orang itu terpeleset akibat landasan licin diguyur hujan.

Liputan6.com, Palembang: Pesawat penumpang milik Lion Air tergelincir ketika mendarat di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatra Selatan. Pesawat dengan nomor register PK-LMV yang melayani jalur Jakarta-Palembang itu tergelincir hingga 115 meter. Kuat dugaan pesawat yang mengangkut 154 penumpang itu terpeleset akibat landasan yang licin akibat hujan deras yang mengguyur Kota Palembang pada Sabtu (3/7) malam.

Pesawat jenis Boeing MD 82 nomor penerbangan LNI 332 ini seharusnya mendarat di runway 29 pukul 21.00 WIB. Namun karena jalur yang licin, pesawat tergelincir keluar landasan hingga ratusan meter. Akibatnya, seluruh ban pesawat amblas sampai kedalaman 30 sentimeter. Untunglah seluruh penumpang dan kru pesawat selamat dari kecelakaan itu. Peristiwa ini sempat menganggu jalur penerbangan dari dan ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin.

Pihak Lion Air membantah dugaan bahwa pesawat itu tidak layak terbang. Mereka menyatakan pesawat yang dibuat pada 1985 itu pernah diperbaiki pada 1993. Sedangkan untuk mengangkut pesawat seberat 60 ton ini akan ditarik dengan dua crane berkekuatan 120 ton.

Peristiwa ini bukan pengalaman pertama bagi Lion Air. Pesawat jenis Boeing 737 milik Lion Air juga pernah tergelincir dua tahun silam di landasan pacu 36 Bandara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, Riau [baca: Boeing 737 Tergelincir, Tujuh Penumpang Terluka]. Sebanyak tujuh dari 96 penumpang yang diangkut pesawat itu cedera.(YAN/Ajmal Rokian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.