Sukses

Bandara Kualanamu Sumut Diselimuti Kabut, Penerbangan Ditunda

Kabut menyelimuti Bandar Udara Internasional Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, sejak Jumat 31 Januari 2014 malam.

Kabut menyelimuti Bandar Udara Internasional Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, sejak Jumat 31 Januari 2014 malam, menyebabkan sejumlah penerbangan ditunda dan dialihkan.

Pelaksana Tugas GM Bandara Kualanamu Djamal Amri mengatakan, penundaan dan pengalihan penerbangan ditempuh karena kabut telah menghalangi jarak pandang pilot.

Apalagi keberadaan kabut yang menggelayut di landasan pacu (runway) berlangsung dalam waktu relatif lama. Maskapai yang mengalami gangguan tersebut adalah Citylink dengan nomor penerbangan QZ 8062 yang rencananya lepas landas (take off) pada pukul 07.48 WIB.

Disebabkan keterbatasan jarak pandang pilot dengan adanya kabut, pesawat tersebut terpaksa kembali ke apron Bandara Kualanamu.

Kemudian pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 380 yang direncanakan mendarat pukul 08.17 WIB, terpaksa dialihkan (divert) ke Bandara Sultan Iskandar Muda di Aceh.

"Pesawat tersebut sempat berputar sebelum dialihkan ke Bandara Sultan Iskandar Muda," ujar Djamal.

Selain itu, beberapa penerbangan lain milik Lion Air dan Citylink juga dialihkan ke bandara terdekat seperti Aceh dan Pekanbaru. (Ant/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.