Sukses

[VIDEO] Atraksi Barongsai Hingga Mandi Air 7 Sumur

Atraksi barongsai dan naga mengelilingi kota mewarnai Tahun Baru Imlek di berbagai daerah. Sebagian warga mandi air dari 7 sumur.

Ribuan warga Mojokerto, Jawa Timur, memenuhi sepanjang Jalan Letkol Sumarjo di sekitar Klenteng Hok Sian Kiong. Mereka tak ingin ketinggalan mengikuti kemeriahan Tahun Baru Imlek.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (31/1/2014), barongsai singa dan liong naga beraksi. Satu per satu toko yang memasang angpau, mereka sambangi. Arak-arakan ini tak hanya disambut warga Tionghoa, tapi juga etnis lain.

Mereka bahkan turut menyediakan angpau bagi barongsai. Warga Tionghoa percaya barongsai bisa mengusir aura buruk dan mendatangkan keberuntungan.

Kirab barongsai dan naga juga digelar mengelilingi daerah sekitar Vihara Dharmayani di Kuta, Bali. Sebelum beraksi, para pemain bersembahyang agar kirab berjalan lancar.

Sesaji diletakkan pada 4 arah mata angin dan satu sejaji di tengah. Usai ritual, kirab pun bergerak, diiringi musik tradisional China.

Di setiap persimpangan jalan, barongsai dan naga berhenti sekejap untuk berakrobat. Aksi mereka tidak hanya menghibur penduduk sekitar, tapi juga turis mancanegara.

Barongsai tak hanya milik warga Tionghoa. Lihatlah sejumlah anak asli Papua yang bersiap memainkan barongsai ini. Mereka menghibur umat yang beribadah di Vihara Buddha Prabha, Manokwari, Papua Barat.

Untuk menguasai teknik bermain barongsai, mereka berlatih 3 bulan. Bagi mereka, bermain barongsai memberi pengalaman baru yang menyenangkan. Permainan barongsai pun semakin mempererat kebersamaan warga Tionghoa dengan warga Papua.

Berbagai tradisi mewarnai Tahun Baru Imlek. Di Vihara Gayatri, Cilangkap, Depok, Jawa Barat, warga melakukan ritual mandi air 7 sumur. Dipercaya, air sumur keramat memiliki kelebihan masing-masing, seperti untuk kesehatan, enteng jodoh atau rezeki. Warga yang datang untuk ritual ini tak hanya dari sekitar vihara, tapi juga dari luar kota. (Ans/Riz)

Baca juga:

[VIDEO] Kemeriahan dan Kesahajaan Perayaan Imlek di Daerah
[VIDEO] Vihara Sempat Kebanjiran, Perayaan Imlek Tetap Lancar
Turis Asing Heran Lihat Banyak Pengemis di Vihara Saat Imlek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini