Sukses

Banjir Surut, Vihara di Jatinegara Sepi dari Perayaan Imlek

Sedikitnya saat ini umat yang datang baru sekitar 100-an orang. Padahal kondisi air pascabanjir telah surut.

Perayaan Imlek 2565 di Vihara Amurva Bhumi di Jalan Pasar Lama Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (31/1/2014), tak terliat ramai. Meski demikian, para jemaat diperkirakan akan mulai memenuhi vihara tersebut menjelang siang.

"Namun biasanya Jemaat datang menurut primbon jam 11 atau jam 12 siang. Mereka buka pintu dan pergi sembahyang untuk ucapkan selamat imlek," kata pengurus Vihara, Anyo kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (31/1/2014).

Anyo mengatakan, tidak ada persiapan khusus dalam perayaan Imlek tahun ini. Hanya doa kepada sang Dewa. Di antaranya kepada Dewa Kwan Kong (dewa keadilan), dewa Ho Tek Ceng Sin, dan Dewi Kwan Im.

Sedikitnya saat ini umat yang datang baru sekitar 100-an orang. Padahal kondisi air pascabanjir telah surut. Namun setelah siang biasanya ramai didatangi umat khususnya mereka yang tinggal dan bekerja di sekitar Jatinegara.

"Jadi mereka sembayang ke sini untuk hormati Dewa Bumi," ujar pria berusia 71 tahun itu.

Salah satu jemaat, Yuli mengaku khusus datang sembahyang ke Vihara Amurva Bhumi lantaran memiliki usaha di kawasan Jatinegara.

"Istilahnya saya sembahyang ke sini, sebagai tuan rumah di Jakarta. Karena saya buka toko di Jatinegara. Kalau kita dimana buka usaha, disitu kita sembahyang. Habis dari sini ke Tanah Abang lalu ke Jembatan Lima," kata wanita berparas cantik bersama suami dan seorang anak laki-lakinya.

Situasi Vihara Amurva Bhumi sendiri nampak dipenuhi anak-anak kecil yang menunggu pemberian angpau dari jemaat. Sementara di luar vihara ada sekitar 5 anggota polisi berjaga-jaga. (Ali/Yus)

Baca juga:

Rayakan Imlek, 1.000 Siswa Dapat Kue Keranjang Gratis
Barongsai dan Liong Meriahkan Perayaan Imlek di Taman Safari
Peringatan Imlek, 90 `Kuda Bersinar` Mejeng di Singapura

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.