Sukses

843 Personel Amankan Imlek di Bekasi Malam Ini

Pengamanan perayaan Imlek tidak jauh berbeda dengan Natal, Tahun Baru maupun Idul Fitri.

Warga Tionghoa di Bekasi, Jawa Barat beribadah ke klenteng malam ini menyambut Tahun Baru Imlek. Untuk menjaga keamanan mereka, 843 personel kepolisian dari Polrestra Bekasi Kota diterjunkan ke seluruh klenteng di Kota Bekasi.

Kapolresta Bekasi Kota Kombes Pol Priyo Wydianto mengatakan, pengamanan perayaan Imlek tidak jauh berbeda dengan Natal, Tahun Baru maupun Idul Fitri.

"Di setiap klenteng atau vihara Kota Bekasi, setiap anggota yang berjaga berjumlah 5 sampai 8 anggota dilengkapi anjing pelacak dan metal detektor," ujar Kapolres Priyo disela-sela peninjauan Klenteng Hok Lay Kiong, Kamis (30/1/2014).

Menurut Priyo, khusus malam ini dan pada hari 'H' esok, pengamanan di Klenteng Hok Lay Kiong, yang terletak di jalan Kenari 1, Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, polisi mengerahkan lebih dari 15 personel.

"Ini kita lakukan karena klenteng tersebut menjadi pusat beribadah warga Tionghoa kota Bekasi," kata Priyo.

Priyo menambahkan, setiap perayaan Imlek di Kota Bekasi selama ini aman-aman saja, karena warga Bekasi dalam toleransi beragama sangat baik. Warga Tionghoa Bekasi yang akan melaksanakan ibadah di malam imlek ini juga tidak usah takut akan ancaman dan teror karena pihak kepolisian selalu siap mengamankan.

Roni Hermawan ketua Yayasan Pancaran Tri Darma Kota Bekasi mengatakan, Tahun baru Imlek 2526 Lunar, Klenteng Hok Lay Kiong  Bekasi Timur, Kota Bekasi merencanakan perayakan Imlek dengan sederhana. Hal ini lantaran Tanah Air sedang dilanda musibah.

"Kita akan mengelar acara sederhana mungkin, karena saudara-saudara kita sedang kena musibah, masa kita berfoya-foya," tuturnya.

Barongsai akan menjadi acara pembuka yang paling ditunggu oleh masyarakat tionghoa maupun pribumi, selain barongsai, Liong (naga) akan keluar saat malam pergantian tahun ular air ke kuda mas. (Mvi/Ism)

Baca juga:

Akses Kebanjiran, Vihara di Kampung Pulo Tetap Gelar Ibadah Imlek
Amankan Perayaan Imlek, Polri Sebar 9.000 Personel
PKB Rayakan Imlek, Ahok: Saya Kira Biasa Aja


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.