Sukses

Kapolri: Pengamanan Pemilu 2014 Sudah Siap

Pengamanan tersebut meliputi mulai dari persiapan hingga pelaksanaan pemilu.

Kapolri Jenderal Polisi Sutarman sudah menyelesaikan seluruh persiapan teknis mengenai pengamanan penyelenggaraan Pemilu 2014. Pengamanan mulai dari persiapan hingga pelaksanaan pemilu.

"Tadi saya sudah apelkan, pengamanan Pemilu sudah disiapkan, di daerah juga. Seluruh tahapan pemilu sudah siap. Surat suara sudah dicetak, di percetakan sudah diamankan, distribusi juga kami amankan," ujar Sutarman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (30/1/2014).

Selain itu, lanjut Sutarman, kelengkapan satuan serta kelengkapan unit juga telah siap sesuai dengan yang dibutuhkan dalam pengamanan. "Seluruh personel juga sudah siap," imbuh dia.

Kendati begitu, Sutarman mengaku masih kekurangan dana pengamanan sebesar Rp 600 miliar dari total Rp 1,6 triliun yang dibutuhkan.

"Anggaran sudah dialokasikan Rp 1 triliun, kebutuhkan minimal Rp 1,6 triliun. Tetapi (yang Rp 600 miliar) kita akan merelokasikan dana yang di Polri untuk dimasukkan ke anggaran pemilu," ungkap dia.

Menurut Sutarman, angka Rp 1,6 triliun untuk dana pengamanan Pemilu tersebut didapatnya dari perhitungan jumlah personel yang melibatkan jarak, waktu, dan sebagainya. "Semua diperhitungkan. Perhitungan kita Rp 1,6 triliun, perhitungan minimal segitu," tandas Sutarman. (Ali/Ism)

Baca juga:

Dana Pemilu Rp 1 Triliun Cair, Kapolri: Kurang Rp 600 Miliar
KPU Klaim Antisipasi Peta Kerawanan Pemilu 2014
Anggaran Tak Cukup, Polisi Tak Bisa Maksimal Amankan Pemilu


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini