Sukses

Jakarta Banjir Lagi, Pengungsi Capai 16 Ribu Jiwa

Akibat hujan deras Rabu malam di kawasan Puncak Bogor, sebagian wilayah di DKI Jakarta kembali terendam banjir. Jumlah pengungsi pun tambah.

Jumlah pengungsi banjir Jakarta kembali bertambah. Angka pengungsi yang naik signifikan khususnya berada di wilayah bantaran Kali Ciliwung.

"Jumlah pengungsi di tiap wilayah berbeda-beda, tergantung dari banyaknya titik wilayah banjir," ujar Kepala Seksi Pengendalian Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) DKI Basuki Rahmat di Jakarta, Kamis (30/1/2014).

Berdasarkan data BPBD DKI Jakarta, total jumlah pengungsi di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan mencapai 16.800 jiwa.

Untuk Wilayah dengan pengungsi terbanyak berada di Jakarta Timur dengan jumlah pengungsi sebanyak 9.438 jiwa. Kemudian Jakarta Selatan selatan dengan jumlah pengungsi 3.368 jiwa, dan wilayah Jakarta Barat dengan jumlah pengungsi mencapai 2.830 jiwa.

"Sedangkan di Jakarta Pusat, jumlahnya sebanyak 1.230 jiwa yang terpusat di kecamatan Tanah Abang," urainya.

Menurut Basuki, dari jumlah itu masih ada sebagian warga korban banjir yang belum mengungsi ke posko pengungsian. Mereka mengaku enggan meninggalkan rumahnya lantaran ingin menjaga harta bendanya.

"Puncak air kiriman baru sampai pada siang ini, kemungkinan pengungsi baru mulai bergerak siang ini ke tempat pengungsian yang ditentukan," tukas Basuki. (Tnt/Ism)

Baca juga:

[VIDEO] Ditinggal Mengungsi, Kawasan Bukit Duri Bak `Kota Hantu`
Banjir, Macet, dan Jakarta
BPBD: Berkat Kerja Jokowi, Banjir 2014 Tak Separah 2013

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini