Sukses

[VIDEO] Ribuan Lampion Sambut Tahun Baru Imlek di Cina

Selama masa perayaan Tahun Baru Imlek nanti, penyelenggara festival lampion menghadirkan 600 seniman yang akan beratraksi di sela lampion.

Negeri tirai bambu China menyambut musim semi dan Tahun Baru Imlek dengan pesta ribuan lampion. Stasiun kereta juga dipadati para pemudik yang akan merayakan tahun baru di kampung halaman maupun di tempat wisata.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (30/1/2014), ribuan lampion dengan warna-warni nan cerah berpendaran menerangi langit malam Kota Chengde di Provinsi Hubei bagian utara China.

Bukan api yang terdapat di dalam lampion ini, tapi lampu-lampu led yang hemat energi. Memadati area seluas 180 ribu meter persegi, lampion-lampion ini tampil dalam berbagai bentuk, mulai dari rumah tradisional China, naga, hingga hewan-hewan shio dan bunga yang memukau.

Selama masa perayaan Tahun Baru Imlek nanti, penyelenggara festival lampion menghadirkan 600 seniman yang akan beratraksi di sela lampion-lampion indah ini.

Nah, kalau yang ini tidak beda dengan tradisi mudik di Indonesia. Stasiun kereta Shanghai, tampak lebih sibuk dari biasanya. Ya, stasiun ini dipadati warga yang hendak mudik untuk merayakan Imlek bersama keluarga di kampung halamannya.

Tapi banyak juga di antaranya yang mencoba merayakan Imlek dengan berlibur di kota besar yang menjadi favorit. Lebih dari 90 juta warga mudik dengan transportasi darat, naik 60% dari hari biasanya. (Rmn/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini