Sukses

Diisukan Punya Rp 2 Triliun di Luar Negeri, Anas: Berita Bohong

Anas dikatakan Nazaruddin menyimpan uangnya itu di British Virgin Island.

Anas Urbaningrum membantah memiliki uang Rp 2 triliun di luar Indonesia seperti yang ditudingkan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin. Anas dikatakan Nazaruddin menyimpan uangnya itu di British Virgin Island. Duit itu diatasnamakan Muhammad Rahmad.

"Kok berita bohong dipercaya," kata Anas usai pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (29/1/2014).

Rahmad adalah salah satu loyalis Anas. Dia sudah diperiksa Selasa (28/1) kemarin. Rahmad disebut-sebut sebagai bendahara nonstruktural, yang diduga mengetahui ke mana uang mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu disimpan.

Anas mengaku, dirinya memang berteman dengan Rahmad. Namun di menampik, bahwa pertemanan itu berdasarkan bisnis.

"Iya, perkawanan. Nggak ada bisnis-bisnisan. Mungkin Nazar yang ada (bisnis)," kata Anas.

Uang Rp 2 triliun itu sendiri disebut-sebut berasal dari setoran kader Partai Demokrat yang hendak mengajukan diri menjadi calon kepala daerah. Uang setoran itu kemudian disimpan Anas melalui Rahmad di British Virgin Island, dan juga di Singapura.

British Virgin Island diketahui sebagai tempat pencucian uang. Sebelumnya, nama British juga muncul dalam persidangan Luthfi Hasan Ishaaq di PN Tipikor. (Ein/Yus)

Baca juga:
Tak Mau Kalah dengan SBY, MAKI Somasi KPK Soal Ibas
Adnan Buyung: Anas Jangan Mau Diperiksa Kasus Proyek Lain
Adnan Buyung: SBY Sebaiknya Antar Ibas ke KPK

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini