Sukses

Survei Smartphone `Jokowi`, PDIP: Bukan dari Partai

Entah sejak kapan aplikasi dalam ponsel pintar tentang survei bernama 'Jokowi' muncul.

Aplikasi dalam ponsel pintar tentang survei bernama 'Jokowi' muncul. Pengguna android dan iPhone dapat mengunduh aplikasi itu untuk memberikan vote atau dukuungan pada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebagai Presiden 2014.

Apakah survei itu ada hubungannya dengan PDIP, partai pengusung Jokowi? Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga menyatakan, aplikasi itu bukanlah buatan partainya.

"Sampai saat ini partai belum ada melakukan aktivitas terkait pencalonan presiden maupun yang ada kaitannya dengan proses pencalonan presiden," ujar Eriko kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (29/1/2014).

Menurut Eriko, PDIP saat ini tengah berkonsentrasi penuh untuk menyiapkan pemenangan pemilu legislatif pada 9 April 2014 mendatang. Termasuk berkoordinasi dengan seluruh calon legislatif (caleg).

"Jadi sama sekali belum ada yang dilakukan berkaitan untuk terkait Pilpres," tuturnya.

Menurut anggota Komisi V DPR itu, aplikasi 'Jokowi' dapat dibuat oleh siapa saja. Namun dia memastikan bukan internal PDIP yang membuatnya. "Dengan teknogi maju seperti saat ini siapapun bisa melakukannya," pungkas Eriko.

Berdasarkan hasil survei 'Jokowi' sebanyak 85,49 persen masyarakat menyatakan setuju Jokowi jadi Presiden 2014, sedangkan yang tidak setuju 14,51 persen.

Aplikasi itu juga memuat alasan untuk setuju mendukung Jokowi menjadi presiden. Jokowi disebut jujur dan sederhana (74,09 persen), dekat dengan rakyat (21,72 persen), idola saya (3,1 persen), serta tidak tahu (1,09 persen). Selain itu, ada pula yang memuat alasan tidak setuju agar Jokowi menjadi presiden. (Ndy/Ism)

Baca juga:
Survei Smartphone: Jokowi Presiden 2014, Prabowo Membayangi



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini