Sukses

Jakarta Lumpuh, Penumpang Voting Agar Bus Cibubur Putar Balik

Karena macet di Tol Jagorawi membuat bus tak bergerak, salah satu penumpang mengusulkan agar bus memutar balik.

Banjir yang menggenangi sejumlah jalan di Jakarta, membuat lalu lintas Jakarta lumpuh. Tak sedikit angkutan umum dan kendaraan yang memilih memutar balik karena tak tahan dengan kemacetan.

Seperti yang disampaikan Anna, salah satu penumpang shuttle bus Cibubur Junction. Anna bersama sejumlah penumpang di dalam bus itu harus rela bila akhirnya tak sampai tujuan. Sebab, bus yang ditumpanginya memutar balik ke tempat pemberangkatan.

"Bus berangkat dari Cibubur Junction jam 7.30 WIB langsung masuk tol. Di tol padat merayap. Sampai di Taman Mini sekitar jam 9.30 WIB, padahal biasanya jam 9.00 sudah sampai di Cawang," ujarnya kepada Liputan6.com, Rabu (29/1/2014).  

Macet di Tol Jagorawi yang disebabkan banjir di terowongan Halim Lama membuat bus tak bergerak. Akhirnya salah satu penumpang melontarkan usulan agar bus memutar balik. Sejumlah penumpang setuju, namun sebagian lainnya ingin tetap melanjutkan perjalanan.

"Ada penumpang tanya, mau dilanjutin apa nggak? Ada 2 orang yang bilang, saya harus tetap ke kantor. Tapi ada penumpang lain yang ingin balik karena kalau diterusin nggak tahu sampainya jam berapa," tutur Anna.

Karena tidak mencapai kesepakatan, akhirnya para penumpang bus bertarif Rp 20 ribu itu melakukan pemungutan suara alias voting.

"Yang ngusulin pertama akhirnya tanya, bagaimana kalau kita putar balik? Akhirnya banyak yang tunjuk tangan mau pulang. Sopirnya juga bilang, memang kita harusnya putar balik."

Atas kesepakatan itu, akhirnya bus dan seluruh penumpangnya memutar arah kembali ke Cibubur. "Arah balik relatif sepi, tapi arah ke Jakarta masih padat," pungkas Anna. (Mut/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.