Sukses

Jadilah Pemilih yang Cerdas

Era demokrasi memberikan peluang bagi seluruh warga negara Indonesia untuk bebas beraspirasi. Menjelang Pemilu 2014.

Citizen6, Jakarta: Era demokrasi memberikan peluang bagi seluruh warga negara Indonesia untuk bebas beraspirasi. Menjelang Pemilu 2014.

Banyak masyarakat yang memanfaatkan kebebasan tersebut untuk mendaftarkan diri menjadi caleg. Mulai dari tukang becak, tukang pijat, supir angkot, model, hingga politikus sendiri, dimana sisi kompetensinya sebagai caleg wajib dipertimbangkan.

Namun kita tidak bisa menilai sebuah buku dari sampulnya, Karena seseorang yang sudah lama terjun dalam dunia politik kompeten menjadi seorang caleg, begitu juga dengan tukang becak, belum tentu tidak memiliki kompetensi sebagai seorang caleg.

Selain itu, kita tidak boleh memilih caleg seperti memilih kucing dalam karung. Masyarakat harus benar-benar mengetahui sisi baik dan buruk dari caleg yang akan dipilih. Seorang caleg juga harus memenuhi semua norma yang ada dalam masyarakat.

Misalnya, melihat salah seorang caleg yang merupakan seorang model seksi yang tidak paham politik, tapi mengajukan diri sebagai caleg hanya karena ingin memberantas korupsi. Dengan kondisi seperti ini, masyarakat dituntut menjadi pemilih yang cerdas. Jangan sampai kita memilih sebuah rumah mewah yang pondasinya rapuh.

Menjadi seorang wakil rakyat bukanlah ajang untuk mencari harta, melainkan untuk "melayani" rakyat. Jika tidak cerdas memilih wakil rakyat, maka kita tidak bisa menyalahkan pemerintah saja ketika negara sedang mengalami berbagai permasalahan, seperti korupsi karena motif wakil rakyatnya adalah mencari kekayaan.

Oleh karenanya, jadilah rakyat yang bisa membangun bangsanya, salah satunya dengan menjadi pemilih yang cerdas dalam Pemilu 2014. (mar)

Penulis
Ananda Rasti
Jakarta, nandaraxxx@gmail.com

Baca juga:
Gempa Kebumen 5,3 SR Hebohkan Yogya
Menulis Bertopik ke-9: Warga Mengadu Diperpanjang
Yuk, Promosikan Artikel Blog Kamu di Citizen6



Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 7 Januari sampai 7 Februari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Warga Mengadu". Ada hadiah dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Caranya bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini