Sukses

Kim Jong-un Dilaporkan Eksekusi Mati 2 Dubes dan Anak Kecil

Pembersihan dilakukan pada kerabat dekat Jang Song Thaek, paman pemimpin belia Korut yang dieksekusi mati.

Di Korea Utara, tak hanya terpidana yang dihukum mati, tapi juga pada keluarganya yang sama sekali tak bersalah, anak kecil sekalipun. Kalaupun tak dieksekusi, mereka akan dikirim ke kamp-kamp kerja paksa.

Demikian pula yang terjadi atas Jang Song Thaek -- paman  Kim Jong-un yang telah dieksekusi mati 12 Desember 2013 atas tuduhan berupaya menggulingkan keponakannya sendiri dan merancang kudeta militer. Kabar terbaru menyebut, atas perintah 'sang pemimpin agung', seluruh keluarga ikut kena batunya.

Seperti dikabarkan media Korea Selatan, Yonhap News Agency, keluarga langsung Jang dibawa ke Pyongyang bulan lalu. Mereka dieksekusi dalam upaya untuk "menekan pemberontakan".

"Eksekusi besar-besaran dilakukan pada keluarga Jang Song Thaek," demikian ucap sumber, seperti dikabarkan News.com.au, Senin (27/1/2014).  "Semua keluarganya dihukum mati, bahkan termasuk anak-anak."

Mereka yang dieksekusi termasuk saudara perempuan Jang, Jang Kye-sun. Juga suaminya yang menjadi Duta Besar Korut untuk Kuba, Jon Yong-jin. Keponakan Jang, Duta Besar Korut untuk Malaysia  Jang Yong-chol -- serta dua putranya -- juga ikut dieksekusi.

"Sejumlah keluarga ditembak mati menggunakan pistol di depan sejumlah orang  jika mereka menolak saat diseret keluar dari apartemen mereka," demikian ucap sumber lain.

Beberapa kerabat Jang lainnya, yang terhubung lewat pernikahan -- termasuk istri Dubes untuk Malaysia -- lolos dari kematian namun dikirim ke desa terpencil.

"Eksekusi keluarga Jang berarti, jejaknya tak boleh ada," kata sumber. "Eksekusi berlangsung dalam skala luas pada kerabat dan pejabat tingkat rendah." Belum ada konfirmasi dari pihak Korut terkait kabar eksekusi ini.

Kabar tersebut muncul setelah Korut mendesak Korsel membatalkan latihan militer yang akan digelar bersama Amerika Serikat di Semenanjung.

Pihak Korut bahkan mengirim surat terbuka pada tetangga dekatnya di Selatan. "Yang terpenting untuk membuka jalan demi memperbaiki hubungan Utara-Selatan adalah membuat keputusan berani untuk menghentikan semua aksi militer yang memancing permusuhan, rintangan terbesar memicu ketidakpercayaan dan konfrontasi," demikian kutipan surat terbuka yang dikeluarkan Komisi Pertahanan Nasional Korut.

Eksekusi Mantan Pacar

Tak hanya mengeksekusi paman sekaligus mentor politik, Kim Jong-un pernah memerintahkan eksekusi pada mantan kekasihnya sendiri.

Pada 21 September 2012, koran Jepang, Asahi Shimbun melaporkan, 9 anggota Unhasu Orchestra atas tuduhan merekam adegan seks dan menjual videonya. Termasuk di antaranya adalah mantan kekasih Kim Jong-un, Hyon Song-wo.

Rumor menyebut, eksekusi terhadap seniman negara, yang sebelumnya jarang dilakukan -- termasuk mantan kekasih Kim Jong-un adalah dilakukan demi menghapus rumor gaya hidup dekaden ibu negara, Ri Sol-ju saat masih menjadi penyanyi.

Media tersebut juga mengabarkan, polisi secara rahasia merekam pembicaraan antara para seniman yang mengatakan, "Ri (Ri Sol-ju) dulu juga bermain seperti apa yang telah kami lakukan," demikian dimuat News.com.au, 22 September 2013.

Namun, pihak Korut membantah keras kabar tersebut. [Lihat: Korut Bantah Eksekusi `Video Erotis` Terkait Masa Lalu First Lady] (Ein/Yus)

Baca juga:

Korut Kirim `Surat Cinta` Terbuka, Korsel: Ada Motif Tersembunyi
Kim Jong-un Beber Alasan Eksekusi Pamannya Sendiri dan Ancam AS
`Pembersihan`, Tentara Korut Buru Keluarga Paman Kim Jong-un

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.