Sukses

[VIDEO] Jelang Imlek, `Dewa-dewa` Dimandikan

Puluhan patung dewa-dewi di Klenteng Hok Sian Kiong, Mojokerto, Jawa Timur juga dibersihkan menggunakan air bunga setaman.

Jelang perayaan Tahun Baru Imlek, warga Tionghoa menggelar tradisi memandikan patung dewa. Tradisi ini mengandung harapan agar kehidupan menjadi lebih baik.

Kesibukan jelang Tahun Baru Imlek terlihat di Vihara Dwipayana, Denpasar, Bali. Umat membersihkan pagoda dari jelaga serta mengecat ulang bangunan. Sebagian yang lain melaksanakan tradisi memandikan patung dewa-dewi, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (26/1/2014).

Air sabun dan bilasan air bunga digunakan untuk membersihkan patung berbagai ukuran. Tradisi ini dilaksanakan setelah sembahyang antar dewa ke langit, dengan harapan agar kehidupan menjadi lebih baik, sejahtera, dan bahagia.

Tak cuma Bali yang mulai bergeliat menyambut Imlek. Puluhan patung dewa-dewi di Klenteng Hok Sian Kiong, Mojokerto, Jawa Timur juga  dibersihkan menggunakan air bunga setaman, yakni mawar, melati, dan kembang gading.

Pencucian patung bertujuan agar arwah para dewa dalam keadaan suci saat perayaan Tahun Baru Imlek tiba. Patung-patung dewa-dewi ini akan diarak keliling kota pada 31 Januari nanti. (Ndy/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini