Sukses

Rano: Mesin Pintu Air Mirip Engkol Oplet si Doel, Jokowi Tertawa

Menurut Jokowi, hal pertama yang harus dilakukan adalah normalisasi Kali Cisadane.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mendatangi Bendung Pasar Baru di Sungai Cisadane, Tangerang, Banten. Jokowi disambut Wakil Gubernur Banten, Rano Karno, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Walikota Tangerang Arief Wismansyah.

Ketiganya terpantau berbicara santai sembari melihat kondisi sungai di pintu air Cisadane yang mengalami pendangkalan.

Rano Karno berseloroh soal kondisi pintu air. "Ini mesin engkol pintu air sama kayak mesin opletnya Bang Doel," kata dia, disambut  tawa Jokowi, Zakki Iskandar, dan Arief Wismansyah, Tangerang, Sabtu (25/1/2014).

Walikota Tangerang, Arief Wismansyah menjelaskan, bahwa Cisadane merupakan muara dari dari Kabupaten Bogor, Kota Tangsel, dan Jakarta.

"Saya berharap semoga kita ke depannya dapat lebih bersinergi untuk kebaikan bersama," ujar Arief.

Sementara, Jokowi mengatakan, setelah meninjau lapangan, ia mengetahui bahwa hal pertama yang harus dilakukan adalah normalisasi Kali Cisadane.

"Ini bukan kewenangan Gubernur DKI Jakarta, tapi kewenangan Kementerian PU. Akan kita sampaikan bersama-sama agar ada normalisasi Ciliwung dan Cisadane," kata Jokowi.

Kunjungan Jokowi hanya berlangsung sekitar 30 menit saja.

Sebelumnya, kedatangan Jokowi disambut penolakan dari sejumlah warga di pintu air tersebut. "Jangan pindahkan banjir ke Tangerang, Pak. Banjir bukan untuk dibagi-bagi," teriak salah seorang warga.

Mendengar teriakan warga itu, Jokowi bergeming. Jokowi yang mengenakan kemeja panjang berwarna putih itu hanya sedikit melemparkan kata-kata.

"Bagus dong itu," ucapnya sambil tersenyum. Lalu ia mengangkat jempolnya. (Ein/Riz)

Baca juga:

Datang ke Tangerang, Jokowi Disambut Spanduk Penolakan Sodetan
Logika Jokowi Buat Sodetan Ciliwung - Cisadane
Wagub Banten Rano Karno Setujui Sodetan Cisadane dengan Syarat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.