Sukses

Sampah Banjar Membawa Berkah bagi Warganya

Sampah yang selalu menjadi masalah utama Kabupaten Banjar, oleh Disperkim setempat di proses menjadi limbah yang bermanfaat.

Citizen6, Banjar: Jika mendengar istilah sampah, yang terlintas dalam benak kita adalah setumpuk limbah yang menimbulkan aroma busuk yang sangat menyengat. Sampah diartikan sebagai material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses yang cenderung merusak lingkungan di sekitarnya.

Permasalahan sampah yang ada di negeri kita ini disebabkan oleh kurang pedulinya masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sekitarnya. Perilaku buang sampah di tempat yang tidak semestinya termasuk sungai, masih menjadi kebiasaan yang seakan-akan menjadi identitas baru bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Salah satu daerah yang kini bekerja keras untuk memproses sampah menjadi limbah yang bermanfaat adalah Kabupaten Banjar. Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Banjar dan daerah yang pernah meraih 2 kali Adipura 2012 dan 2013 ini, mencoba memanfaatkan sampah yang selalu dianggap masalah utama di perkotaan.

Sampah yang saat masih dianggap masalah utama di perkotaan coba dimanfaatkan oleh Disperkim Kabupaten Banjar agar dapat menghasilkan manfaat untuk warga.

Setelah berhasil menyulap TPA Padang Panjang, kali ini melalui bantuan Satuan Kerja Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Disperkim Banjar mendapat bantuan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) yang berbasis 3R (Reduce, Reuse and Recycle) di Kecamatan Gambut.

"TPST 3R ini berbasis masyarakat dan akan oleh dikelola KSM LANGKAR (Lingkungan Kita Nyaman dan Rindang) Kecamatan Gambut. Kita akan membackup KSM ini baik dari segi teknis dan financial untuk pengumpulan sampah, kita akan mengubah citra sampah yang tadinya limbah menambah berkah," ucap Kadsiperkim Banjar H Boyke Wahyu Triestiyanto saat serah terima TPST 3R di TPST 3R Kecamatan Gambut, Rabu 33 Januari 2014.

Camat Gambut Rulliadi menambahkan,"Mudah-mudahan TPST 3R Langkar ini bisa berjalan dengan baik dan masyarakat bisa mendapat keuntungan dari segi lingkungan yang nyaman, dan segi bisnis yang bisa menambah tebal kantong masyarakat," harap Rulliadi. (mar)

Penulis
Humas Banjar
Banjar, humas_banxxx@yahoo.com

Baca juga:
`Pasukan Kuning`, Dukung Kalsel Raih Adipura Kencana
Andai Tiap Orang Meneladani Tindakan Bupati Banjar Ini
Bupati Banjar Bangga Kebersaman Masyarakatnya


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 7 Januari sampai 7 Februari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Warga Mengadu". Ada hadiah dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Caranya bisa disimak di sini.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.