Sukses

Carl Icahn: Investasi di Apple Saat Ini Lebih dari US$ 3 Miliar

Icahn telah membeli saham iPhone sebesar US$ 500 juta lebih hanya dalam 2 minggu terakhir, dengan total investasi lebih dari US$ 3 miliar.

Investor Carl Icahn mengecam Apple Inc (AAPL.O) dengan mengatakan pihak iPhone telah merugikan pemegang saham dengan menolak untuk meningkatkan program pembelian kembali sahamnya.

Icahn telah membeli saham iPhone sebesar US$ 500 juta lebih hanya dalam 2 minggu terakhir, dengan total investasi lebih dari US$ 3 miliar.

Saham perusahaan teknologi terbesar dunia itu naik 1,4 persen menjadi US$ 556,71 dalam perdagangan pagi. Icahn telah berulang kali menegaskan, dirinya tidak menentang manajemen Apple.

"Kami merasa iPhone ( Apple ) yang melakukan tindakan merugikan yang besar kepada pemegang saham dengan menolak meningkatkan pembelian kembali sahamnya. Surat yang mendalam akan dikirim segera," kata Icahn dikutip Liputan6.com dari CNN Money, Rabu (22/1/2014).

"Sejak kami men-tweet tentang posisi besar kami di AAPL pada 13 Agustus, ketika saham itu berada $468 per saham , kami telah terus membeli saham ini," tambah Icahn.

Tidak jelas berapa banyak saham sang investor tersebut. Pada Agustus lalu, ia mulai berusaha menemui CEO Apple untuk menyetujui pembelian kembali sahamnya senilai US$ 150 miliar yang baru-baru ini ditambahkan ke portofolionya.

Dalam surat tertanggal 24 Oktober, Icahn mengatakan telah meningkatkan kepemilikannya menjadi 4,7 juta saham.

Pada bulan Desember, Icahn mengajukan usulan pemegang saham dengan Apple untuk rencana pembelian kembali saham jauh lebih kecil dengan tambahan US$ 50 miliar.

Sejak mengambil alih dari Steve Jobs, Apple tengah mengarah lebih ramah kepada investor, termasuk pembentukan salah satu program pengembalian modal terbesar industri. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini