Sukses

Tanggul Ciliwung di Tebet Jebol, Lurah: Ini Tugas PU Tata Air

Lurah Kebon Baru konsentrasi mengevakuasi warga korban banjir akibat tanggul di kelurahaan itu jebol.

Dengan menggunakan perahu milik Brimob Polda Metro Jaya, Lurah Kebon Baru, Jakarta Selatan, Bambang Suhada meninjau tanggul yang jebol pada Selasa 21 Januari 2014 malam. Tinjauan dilakukan untuk mengusahakan evakuasi dan pendirian posko pengungsi.

"Sekarang yang kita fokuskan untuk evakuasi korban banjir Kebon Baru ini. Kita sudah buka 7 posko banjir dan 6 dapur pengungsian," kata Lurah Bambang Suhada di lokasi tanggul Kebon Baru, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2014).

Untuk masalah tanggul yang amblas, Bambang akan menunggu perintah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Selatan. Apalagi, Gubernur DKI Jokowi dan Walikota Jakarta Selatan Syamsuddin Noor sudah meninjau lokasi ini pagi tadi. "Tapi ini tugas PU Tata Air lah," katanya.

Menurut Jokowi, banjir yang mencapai titik tertinggi 5 meter ini bukan disebabkan tanggul jebol. Melainkan luapan air Kali Ciliwung yang membuat bibir atas tanggul tergerus.

Sementara itu, pengungsi kini mendiami posko pengungsian di Sekolah Dasar Negeri 11 Kebon Baru. Sedikitnya 130 jiwa yang mengungsi. Berikut 7 titik pengungsian warga Kampung Baru, Tebet, Jakarta Selatan :

1. Tenda Brimob Jalan Abdullah Syafe'I,
2. Masjed Asyahra Kampung Duri, Kebon Baru
3. SDN 05 Kebon Baru
4. Kantor Kelurahan Kebon Baru
5. PJTKI jalan Jalan J gang Perintis, Kebon Baru
6. SDN 11 Jalan H gang Perintis, Kebon Baru
7. Masjid Al Atik Jalan Melayu besar

(Edo/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.