Sukses

Pengungsi Banjir Gang Arus Iri pada Warga Kampung Pulo

Dengan raut wajah sayu, wanita berdaster itu menceritakan penderitaan yang dirasakan warga lain sesama pengungsi Gang Arus.

Malam semakin larut, saat suasana posko pengungsian warga Gang Arus RW 02, Cawang, Jakarta Timur, nampak temaram karena minim cahaya. Lantai di gudang penyimpanan yang beralaskan tikar dijadikan sebagai 'ranjang'. Bantuan yang ada pun hanya seadanya.

Kondisi ini tampak berbeda dengan posko pengungsian banjir di Kampung Pulo. Di sana, tenda-tenda bantuan menjamur. Hal inilah yang membuat para pengungsi Gang Arus merasa iri dengan warga Kampung Pulo.

"Dari kemaren bablas, bantuannya di Kampung Pulo dan GOR (Jakarta Timur) di sana bantuannya lebih dijamin. Di sini kurang," ujar salah seorang pengungsi dari RT 02/ RW 02 Tarsinah di lokasi, Jakarta, Selasa (21/1/2014).

Dengan raut wajah sayu, wanita berdaster itu menceritakan penderitaan yang dirasakan warga lain sesama pengungsi Gang Arus. Menurut Tarsinah, yang paling kasihan adalah bayi. Dari total 500 pengungsi, terselip puluhan bayi. Sementara selimut untuk melawan dingginnya angin malam masih tak kunjung ada.

"Bayi itu baru dapat pempers, kasihan yang nyari duit," ujar Tarsinah.

"Bantuan itu baru makan alhamdulilah air juga, pampers selimut belom ada, sama pencahayaan," tuturnya.

Sementara itu, Ketua RW 02, Juanda mengatakan, para pengungsi Gang Arus tak kalah menderita dengan warga Kampung Pulo. Soal kedalaman banjir pun tak kalah.

"Kedalamannya itu 5,5 meter. Cakupan banjirnya kira-kira sepanjang 200-300 meter," jelas Juanda.

Dia juga menjelaskan, Sabtu 18 Januari lalu, banjir sudah surut. Namun kemarin, air tiba-tiba naik. Alhasil, warga pun mengungsi.

Pantauan Liputan6.com, hanya ada 1 tenda bantuan yang berasal dari partai politik. Sementara 2 tenda lain, untuk pengobatan dan memasak makanan. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini