Sukses

[VIDEO] Tidur di Pembuangan Sampah, Korban Banjir Rawajati Sakit

Sebagian pengungsi korban banjir di Rawajati, Jakarta Selatan, tidur di lokasi pembuangan sampah dekat bantaran Kali Ciliwung.

Penderitaan para pengungsi korban banjir di kawasan Rawajati, Jakarta Selatan, belum berakhir. Dalam sepekan terakhir, banyak warga korban banjir mengungsi di bawah flyover atau jembatan layang Kalibata.

Ironisnya, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (21/1/2014), sebagian pengungsi tidur di lokasi pembuangan sampah di dekat bantaran Kali Ciliwung. Tak mengherankan, bila sebagian dari pengungsi terserang sejumlah penyakit.

"Gatal-gatal dan banyak juga yang diare," kata salah seorang ibu yang menjadi korban banjir. Selain itu, wanita tersebut mengatakan bahwa para pengungsi membutuhkan selimut, tikar, dan obat-obatan. "Yang penting selimut dan obat-obatan," imbuh dia.

Banjir pun masih merendam kawasan Pesing, Kedoya Utara, Jakarta Barat. Ada 4 rukun tetangga atau RT yang terendam banjir dengan ketinggian 40 centimeter hingga 1 meter.

Banyak warga mengungsi, tapi mereka memilih mengungsi di dekat rel kereta api. Beberapa tenda bahkan didirikan warga di atas jalur kereta api tersebut.

Mereka membutuhkan bantuan selimut, termasuk makanan siap saji dan air bersih. Para pengungsi di Pesing juga meminta pemerintah menurunkan mobil mandi, cuci, kakus (MCK).

Adapun terkait banjir di Jakarta dan wilayah sekitar, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menyambangi lokasi banjir di beberapa tempat di Jawa Barat. Presiden SBY mengungkapkan keinginannya untuk turun langsung ke lokasi-lokasi bencana.

Selain akan berkunjung ke Sinabung, Karo, Sumatera Utara pada Kamis lusa, SBY juga berencana meninjau lokasi banjir di Karawang, Jawa Barat. (Ans/Sss)

Baca juga:

[VIDEO] Sampah Menumpuk di Jembatan Kalibata
[VIDEO] Banjir Masih Setinggi 1,5 Meter di Cengkareng
Rapat Terbatas Bencana, SBY: Kita Perlu Gerak Cepat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini