Sukses

Telepon TKW yang Disiksa Majikan di Hong Kong, SBY: Saya Prihatin

Presiden SBY mengaku prihatin dengan apa yang menimpa Erwiana Sulistyaningsih, TKW asal Indonesia yang disiksa majikannya di Hong Kong.

Presiden SBY mengaku prihatin dengan apa yang menimpa Erwiana Sulistyaningsih, TKW asal Indonesia yang disiksa majikannya saat bekerja di Hong Kong. Sebagai bentuk simpati, SBY menelpon langsung Erwiana saat memimpin rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta.

"Ini saya bicara dengan Erwiana? Saya senang bisa bicara dengan Erwiana. Percayalah hukum akan ditegakkan, keadilan akan ditegakkan. Dan yang penting Erwiana kita bantu pengobatannya. Insya Allah sembuh seperti sediakala. Dan nanti bisa melanjutkan aktivitasnya apa pun pekerjaannya," ujar SBY dalam perbincangan melalui telepon, Selasa (21/1/2014).

Pada perbincangan itu SBY juga menanyakan kondisi terakhir wanita berusia 26 tahun itu. "Sekarang yang dirasakan apa? Masih pusing ya? Sekali lagi saya sampaikan prihatin. Nanti kalau ditanyai polisi Hongkong jelaskan apa adanya. Jelaskan supaya yang salah diberi sanksi, tidak boleh seperti itu. Tabah, ini cobaan. Percayalah Allah itu maha adil. Dan kalau sudah sembuh, nanti bisa berpikir lagi ke depan," ujar SBY kepada Erwiana yang tengah dirawat di sebuah rumah sakit di Sragen, Jawa Tengah.

Tak lupa di akhir pembicaraan SBY menyampaikan salam dari Ibu Negara Ani Yudhoyono. "Mudah-mudahan Allah melindungi keluarga Erwiana dan Pak Rahmat (ayah Erwiana). Semoga cepat pulih. Salam dari Bu Ani. Semoga lekas sembuh. Pelakunya, polisi Hong Kong sudah ditangkap, jadi hukum atau keadilan akan ditegakkan," tutup Presiden.

Erwiana adalah TKW asal Indonesia yang sempat bekerja selama 8 bulan di Hong Kong. Erwi tiba di Hong Kong 13 Mei 2013 dan diberangkatkan oleh PJTKI PT Graha Ayukarsa, Tangerang. Selama bekerja 7 bulan, Erwi yang harus membayar potongan agen selama 7 bulan, menerima perlakuan majikan yang sering memukul dengan apa saja yang ada di depan matanya.

Erwi dipulangkan diam-diam oleh majikan yang menyiksanya, Law Wan Tung dan hanya bermodal paspor, tiket dan selembar uang 100 dolar. (Mut/Ism)

Baca juga:
Kisah TKI Cantik yang Kritis Akibat Disiksa Majikan
TKW Korban Kekerasan Diperiksa Polisi Hong Kong di Sragen
Majikan Wanita si Penganiaya TKI di Hong Kong Ditangkap

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.