Sukses

Sejak Pukul 05.00 WIB, Air Bendungan Katulampa Naik 3 Kali

"Kami terus berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta, juga dengan warga yang tinggal di Bantaran Sungai agar mereka selalu tetap waspada."

Setelah diterpa hujan lebat selama dua hari ini, debit air Sungai Ciliwung beranjak naik. Pantauan terbaru Liputan6.com di Bendungan air Katulampa, volume air menyentuh ketinggian 130 cm dan statusnya meningkat menjadi siaga 3.

Kepala Bendungan Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, aktivitas naiknya volume air terjadi tiga kali sejak pagi hari. "Jam 05.00 pagi sempat 80 cm kemudian, pukul 06.00 pagi, air naik lagi mencapai langsung 120 cm," jelasnya kepada Liputan6.com, Selasa (21/1/14).

Arus air kembali mengalami kenaikan sekitar pukul 09.00 WIB dan menyentuh angka 120 cm. Hal ini dikarenakan curah hujan di kawasan puncak cukup tinggi. Alhasil status dinaikan dari siaga 4 menjadi siaga 3. Volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung ini diperkirakan sebanyak 216 ribu liter per detik.

"Kami terus berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta, juga dengan warga yang tinggal di Bantaran Sungai agar mereka selalu tetap waspada," tambahnya.

Selain itu, hingga pukul 09.00 WIB pantauan cuaca di pos pengawasan Bendung Katulampa masih dilanda hujan dengan intensitas sedang. Kemudian untuk di kawasan Puncak dan sekitarnya masih hujan sejak dini hari. "Bila hujan tidak berhenti selama beberapa jam, dimungkinkan volume air akan bertambah," pungkas Andi. (Ein/Ism)

Baca juga:

Banyak Genangan, Arus Lalu Lintas di Jakarta Tersendat

Pondok Gede ke Cawang Padat, Contra Flow Ditutup
Perahu Dadakan di Banjir Pluit Pasang Tarif Rp 100-200 Ribu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.