Sukses

Jalan Tergenang Banjir, BPBD DKI Kesulitan Salurkan Bantuan

BPBD DKI kesulitan dalam menyalurkan bantuan dan logistik kesejumlah lokasi pengungsian lantara akses jalan menuju keposko pengungsi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengaku kesulitan dalam menyalurkan bantuan dan logistik ke sejumlah lokasi pengungsian. Hal itu disebabkan lantaran akses jalan menuju ke posko pengungsian masih tergenang banjir.

"Pengiriman bantuan dan logistik kepada para pengungsi, khususnya di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara, tidak lancar karena akses jalan yang sulit dicapai," kata Kepala Seksi Pengendalian BPBD DKI Basuki Rakhmat, Jakarta Pusat, Senin (20/1/2014).

Menurut dia, terdapat 2 wilayah yang sulit diakses, yaitu wilayah Cakung, Jakarta Utara dan Kembangan, Jakarta Barat.  diduga kawasan tersebut sampai saat ini masih banyak digenangi air dengan ketinggian bervariasi.

"Genangan air di kedua wilayah itu rata-rata masih belum surut, ditambah curah hujan yang masih tinggi, sehingga distribusi bantuan agak terlambat datangnya," ujar Basuki.

Sedangkan, di wilayah Jakarta Timur, Selatan, dan Pusat, penyaluran bantuannya tidak mengalami kendala. Basuki mengatakan bantuan yang disalurkan kepada para pengungsi merupakan hasil koordinasi dengan beberapa dinas terkait.

Seperti, logistik makanan berasal dari Dinas Sosial DKI, perahu karet dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) DKI, mobil toilet dari Dinas Kebersihan DKI dan pompa-pompa air dari Dinas Pekerjaan Umum (PU).

"Bantuan yang masih banyak diperlukan oleh para pengungsi sampai dengan saat ini, diantaranya bantuan logistik berupa makanan serta mobil toilet," ujar Basuki. (Luq/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.