Sukses

[VIDEO] Dihantam Ombak 5 Meter, Kapal Karam di Maluku

Akibat dihantam cuaca buruk, sebuah kapal kargo bermuatan aspal karam di Perairan Kota Dobo, Kepulauan Aru, Maluku.

Akibat dihantam cuaca buruk, sebuah kapal kargo bermuatan aspal karam di Perairan Kota Dobo, Kepulauan  Aru, Maluku. kapal tersebut karam usai dihantam ombak besar setinggi 5 meter di perairan tersebut, Senin 20 Januari 2014.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa, (21/1/2014), kapal milik PT Tirta Sarana Indo Line Surabaya ini memuat puluhan ton aspal 4 unit truk, 2 mobil pribadi dan belasan sepeda motor yang akan menuju ke Timika, Papua.

Kapal tersebut tenggelam karena dihantam ombak besar setinggi 5 meter saat akan bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Tual.

Tim SAR dengan dibantu warga pun bahu membahu langsung melakukan evakuasi terhadap korban. Ganasnya ombak sempat menyulitkan evakuasi. Akan tetapi, meski harus melawan ombak ganas, proses evakuasi tetap dilaksanakan. 21 Anak buah kapal, salah satu di antaranya perempuan, berhasil dievakuasi.

Sementara kapal yang karam belum dievakuasi karena kondisi cuaca yang masih buruk. Cuaca buruk memang masih menerpa sejumlah perairan di Maluku, dengan tinggi  gelombang berkisar 3 sampai  6 meter. Otoritas setempat mengimbau warga untuk waspada jika akan melaut.

Sementara di Perairan Semarang, Jawa Tengah, sebuah kapal terombang-ambing setelah dihantam gelombang tinggi. Kapal MV Era 2000 tersebut nyaris tenggelam saat akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas.

Penyelamatan dilakukan setelah awak kapal yang sedang lepas jangkar pada senin 20 Januari 2014 siang meminta bantuan untuk dievakuasi karena mesin kapal mati total di tengah kondisi gelombang tinggi selama sepekan. (Luq/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini