Sukses

Mendag Gita Mundur dari Kabinet? Jubir: Masih Blusukan ke Pasar

Meski menjadi peserta Konvensi Capres Partai Demokrat, Gita Wirjawan saat ini masih bertugas menjalankan tugas sebagai anggota kabinet.

Gita Wirjawan santer dikabarkan akan mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Kabar menyebut, Gita akan menanggalkan jabatan Menteri Perdagangan dan akan fokus pada kompetisi Konvensi Capres Partai Demokrat.

"Nggak lah. Beliau tetap menjalankan tugas Menteri Perdagangan. Tadi meninjau Pasar Kwala Bekala, Medan dan Pasar Berastagi," kata juru bicara tim sukses Gita Wirjawan, Michael Umbas dalam perbincangan dengan Liputan6.com, Senin (20/1/2014).

Besok seluruh peserta Konvensi Capres Demokrat yang berjumlah 11 kandidat itu akan menghadapi debat terbuka di Istana Maimun, Medan. Menurut Michael, meski menjadi peserta Konvensi Capres Partai Demokrat, Gita Wirjawan saat ini masih bertugas menjalankan tugas sebagai anggota kabinet.

Seperti yang terjadi hari ini, kata Michael, Gita 'blusukan' ke pasar-pasar di Medan. "Mengecek harga kebutuhan pokok yang terkena erupsi Sinabung," ujar mantan Staf Ahli Gubernur Sulawesi Utara ini. Saat ini, ada 2 kandidat peserta Konvensi Capres Partai Demokrat yang masih duduk di kabinet. Keduanya yakni Gita Wirjawan dan Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan.

Selain blusukan ke pasar, Gita mendatangi langsung para korban bencana Sinabung di Kabupaten Karo. Gita membawa berbagai macam bantuan sambil menyatakan duka. "Saya ikut berduka, dan berharap agar para korban dapat lebih tegar dan kuat menghadapi cobaan yang berat ini," kata Gita di Kabanjahe dalam keterangan tertulis.

Bantuan yang diberikan antara lain 10 ton beras, gula 5 ton, 1.200 karton mie instan serta berbagai macam kebutuhan harian yang dibutuhkan pengungsi. Selain itu ada juga makanan siap saji sebanyak 1.000 paket yang ikut didistribusikan.

Konvensi Capres Demokrat akan memasuki babak baru setelah 11 peserta memberikan pemaparannya di kantor Sekretariat Komite beberapa waktu lalu. Rencananya, para peserta akan adu debat di hadapan publik di 11 kota di Indonesia. Debat pertama akan dimulai di Istana Maimun, Medan, selama 2 hari. (Ism/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.